Saat pergi ke restoran cepat saji, kebanyakan kita akan memesan satu atau mungkin dua kantong besar kentang goreng untuk dimakan bersama-sama. Biasanya, kentang goreng tersebut akan dimakan bersama-sama dengan cara dituangkan ke atas nampan besar. Kemudian semua orang dapat dengan mudah mengambil kentang goreng yang sudah disebarkan di nampan. Tidak bisa dipungkiri, ini adalah kebiasaan sebagian besar pengunjung restoran cepat saji.

Hentikan Kebiasaan Menuang Kentang Goreng ke Nampan, Ini Bahayanya!
source: https://brobible.wordpress.com/

Sayangnya, kebiasaan ini ternyata harus dihindari karena seorang warganet yang pernah menjadi pelayan di restoran cepat saji membuka fakta bahwa nampan tempat biasa meletakkan kentang tidak dalam kondisi yang benar-benar bersih atau higienis. 

Dilansir dari Detik, mantan pelayan restoran fast food itu menceritakan bagaimana cara mereka membersihkan nampan yang digunakan oleh para pelanggan. Mereka hanya membersihkan nampan dengan kain tanpa benar-benar mencucinya. Ini sebabnya menuang kentang goreng pada nampan sangat tidak dianjurkan.

Hentikan Kebiasaan Menuang Kentang Goreng ke Nampan, Ini Bahayanya!
source: https://b1039.com/

Tweet dari mantan pelayan restoran cepat saji ini viral dan mendapatkan banyak respon dari warganet yang lain. Tidak hanya dari orang-orang yang tidak mengetahuinya, beberapa warganet yang pernah bekerja sebagai pelayan di restoran cepat saji juga membenarkan fakta tersebut. Ia membenarkan bahwa nampan yang digunakan di restoran cepat saji tidak pernah dicuci, melainkan hanya dilap dengan kain. 

baca juga

Dengan kata lain, bisa dibayangkan betapa kotor dan joroknya nampan yang digunakan oleh restoran cepat saji. Dapat dipastikan dalam nampan-nampan yang digunakan di sana mengandung banyak sekali kuman, bakteri, dan virus. Jika Mommy menuangkan kentang goreng yang akan dimakan di atasnya, tentu bakteri-bakteri itu akan mengontaminasi makananmu.

Hentikan Kebiasaan Menuang Kentang Goreng ke Nampan, Ini Bahayanya!
source: https://www.pinterest.com/

Di sisi lain, ada pula warganet lain yang mengatakan bahwa nampan-nampan tersebut biasanya dibersihkan dengan menggunakan sanitiser. Setelah itu, mereka akan melapisinya dengan kertas sebelum digunakan oleh pelanggan selanjutnya.

Sayangnya, lapisan kertas yang ada di atas nampan tidak serta merta membuat nampan tersebut bebas menjadi wadah kentang gorengmu. Pasalnya, kertas yang digunakan biasanya lengkap dengan iklan atau gambar yang dicetak menggunakan tinta kimia sehingga tidak aman untuk digunakan pada makanan.

Hentikan Kebiasaan Menuang Kentang Goreng ke Nampan, Ini Bahayanya!
source: https://www.foxnews.com/

Tentu, Mommy dapat membayangkan bagaimana kentang goreng yang secara langsung bersentuhan dengan tinta. Bahan kimia tersebut juga dapat mengontaminasi makananmu. Itulah sebabnya, pastikan Mommy tidak memindahkan kentang gorengmu dari wadah yang telah disiapkan.