Memenuhi kebutuhan cairan menjadi kunci untuk membuat tubuh lebih sehat. Orang dewasa umumnya bisa mengonsumsi air putih. Selain mencegah gangguan pencernaan, air putih bisa cegah penyakit ginjal dan kantung kemih. Namun demikian air putih menjadi negatif jika dikonsumsi oleh bayi. Kondisi pencernaan yang masih rentan menjadikan air putih cukup berbahaya, jika diminumkan dalam jumlah banyak dan sering. Terutama bagi bayi berusia di bawah 6 bulan.

Bahaya Air Putih untuk Bayi

Memberikan air putih untuk bayi berusia di bawah 6 bulan dapat berbahaya untuk kesehatannya. Bahkan bisa menghambat tumbuh kembangnya moms. Hal ini karena air putih dapat membuat tubuh bayi sulit menyerap nutrisi yang terkandung pada ASI atau susu formula. Jika berlangsung lama, si kecil beresiko mengalami gizi buruk. Kondisi pencernaan yang masih rentan bisa membuat bayi mudah terkena infeksi, jika tidak dijamin kebersihannya.

Infeksi bisa bisa membuat si kecil diare, atau bahkan keracunan air putih. Keracunan air putih dapat menyebaban kejang dan bahkan koma. Pemberian air putih mungkin karena moms merasa bayi akan merasa dahaga terutama saat musim panas tiba. Namun sayangnya anggapan tersebut keliru. Karena pada dasarnya bayi tidak memerlukan air putih. Apalagi bagi mereka bayi-bayi ASI, lantaran ASI sendiri 87,5 persen mengandung air.

Pada tahap awal, pemberian air putih pada bayi akan berdampak menurunnya intensitas menyusu. Kondisi ini terjadi karena rasa kenyang pada bayi, karena air putih. Akibatnya produksi ASI pun bisa berkurang. Jika ini terjadi terus menerus, bayi tidak hanya mengurangi kegiatan menyusu melainkan bisa berhenti mengonsumsi ASI moms. Begitu pula bagi bayi moms yang meminum susu formula. Moms tidak diperkenankan untuk memperbanyak air putih saat membuatnya.

Takaran yang dianjurkan pada bungkus susu formula tidak boleh dilanggar. Ini akan berdampak pada berkurangnya nutrisi yang seharusnya dibutuhkan si bayi. Sama dengan bayi ASI, bayi yang minum susu formula yang ditambahkan konsumsi air putihnya lebih banyak akan beresiko mengalami keracunan air putih.

Bahaya Air Putih untuk Bayi
baca juga

Manfaat Air Putih Saat Usianya Tepat

Memberikan air putih pada bayi akan berbeda efeknya jika sudah cukup usia. Umumnya pada usia 6 bulan, air putih memang sudah aman untuk si bayi. Namun moms harus berhati-hati, karena takarannya masih sangat sedikit. Karena pada dasarnya pada usia tersebut bayi moms belum membutuhkan air putih. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan cairan bayi terus bertambah. Moms pun bisa memenuhi kebutuhannya dengan berbagai macam hal tak hanya dari susu, tapi juga makanan penedamping hingga air putih.

Berkurangnya konsumsi susu pada bayi berusia di atas 7 bulan, yakni sekitar 473 ml saja per hari. Membuat moms wajib memenuhi kebutuhan cairan dari asupan lainnya. Dalam hal ini moms bisa bersandar pada menu MPASI dan air putih. Takarannya tetap wajib diperhatikan, bagi air putih moms. Berdasarkan saran dari United States Department of Agriculture anak usia 1 tahun dikatakan boleh mengonsumsi cairan sekitar 1,3 liter per hari. Jumlah ini termasuk air yang terdapat pada susu yang dia konsumsi, baik Asi ataupun formula.

Agar anak tetap fokus untuk mengonsumsi makanan, ASI, juga air putih. Moms harus pintar-pintar dalam memberikan air putih pada si kecil. Agar asupannya tetap seimbang, berikan air putih pada sela-sela jam makan, bukan ketika waktunya makan.  Dengan begitu saat-saat jam makan ASI, maupun susu formula bersama MPASI bisa dikonsumsi secara maksimal. Jika moms ragu pada pemberian air putih, moms bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, saat ingin memberikan air putih pada bayi.

Manfaat Air Putih Saat Usianya Tepat

Aturan Memberi Air Putih Pada Anak

Saat usia 6 bulan memang sudah diperbolehkan megonsumsi air putih. Namun moms tak boleh sembrangan. Ada aturan tertentu dalam memberikan air putih ke si kecil. Terlebih saat bayi baru berusia 6 bulan, yang meski diperbolehkan namun belum membutuhkannya. Bahkan saat musim kemarau, jika moms tinggal beriklim tropis dengan suhu 37 derajat.

Pada uisa bayi memasuki menerima asupan MPASI, bisa diberikan air putih sedikit saja. Moms bisa memulainya dengan memberikan air putih sebanyak 4-6 ons saja. Sementara pasa usia di atas 7 bulan hingga 12 bulan, kebutuhan cairannya makin bertambah. Membutuhkan cairan sebanyak 800mili liter per hari, moms bisa memenuhi kebutuhannya dengan memberikan susu, air putih, dan jus buah. Pilih gelas khusus untuk si kecil, yakni gelas ringan dan berikan air putih pada gelas secara penuh. Agar si kecil mudah meminumnya.

Pada usia satu tahun moms juga sudah bisa memulai melatih si kecil agar mau mengonsumsi air putih. Karena memasuki usia batita hingga dewasa nanti air putih sangat baik untuk kesehatannya. Dan akan mulai berpengaruh pada kesehatannya, jika air putih kurang dia konsumsi.

Aturan Memberi Air Putih Pada Anak