Jauh sebelum kita mengenal infused water, Rasulullah sudah lebih dulu membuat minuman sehat yang bernama air nabeez. Ini adalah infused water ala Rasulullah, Moms. Air nabeez adalah sejenis infused water yang terbuat dari kurma. Lalu apa itu air nabeez?

Seperti dilansir FoodDetik, jenis kurma untuk air nabeez biasanya menggunakan ajwa, tunisia, hingga rutabh atau kurma muda. Air nabeez mengandung banyak manfaat sehingga juga dikonsumsi untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Infused Water Ala Rasulullah, Ini Resep Air Nabeez yang Bantu Atasi Kolesterol Jahat
source: https://food.detik.com/

Hampir sama seperti resep infused water saat ini. Begini Moms resep air nabeez, infused water ala Rasulullah.

Resep Air Nabeez

Pertama-tama, tuangkan air matang ke dalam sebuah wadah. Lalu, masukkan beberapa buah kurma yang sudah dibuang bijinya ke dalam wadah tersebut.

Ada baiknya, memasukkan buah kurma dalam jumlah ganjil, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Rasulullah juga merendam buah kismis dalam air sebagai infused water sebagaimana hadist riwayat Muslim:

Aَrab: عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنْبَذُ لَهُ الزَّبِيبُ فِي السِّقَاءِ فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ وَالْغَدَ وَبَعْدَ الْغَدِ فَإِذَا كَانَ مَسَاءُ الثَّالِثَةِ شَرِبَهُ وَسَقَاهُ فَإِنْ فَضَلَ شَيْءٌ أَهَرَاقَهُ

Resep Air Nabeez
source: https://food.detik.com/
Artinya: Dari Ibnu Abbas radhialahu 'anhu, ia berkata, 'Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa , beliau pun menuangnya.'
source: https://food.detik.com/

Selanjutnya, koyak buah kurma tersebut. Hal itu dilakukan agar sari buah kurma bisa menyebar ke seluruh wadah dan tubuh dapat memperoleh manfaatnya. Terakhir, tutup wadah air nabeez. Diamkan selama 8-12 jam. Setelah itu, resep air nabeez siap untuk dinikmati.

Nah, sudah dicatat Moms resep air nabeez tadi, Moms? Moms bisa membuatnya sendiri di rumah, kan.

baca juga

Manfaat Air Nabeez Untuk Kesehatan

Karena merupakan minuman kesehatan favorit Rasulullah, lalu sebenarnya apa saja sih Moms, manfaat air nabeez untuk kesehatan tubuh? Ini daftarnya, Moms.

Bisa Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh
Dilansir dari deerham.com, air nabeez ini merupakan minuman beralkali. Artinya, minuman ini bisa bantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi tubuh dengan membuat racun-racun dari dalam tubuh dan menjaga sistem pencernaan tubuh.

Bisa Menstabilkan Tekanan Darah
Air nabeez ini juga kaya kandungan kalium. Sehingga bisa bantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga kinerja jantung. Kalium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalau tubuh kekurangan kalium, maka tubuh bisa gampang capek. Jadi air nabeez ini memang baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

Manfaat Air Nabeez Untuk Kesehatan
source: https://health.detik.com/

Bisa Menghilangkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh
Kandungan seratnya yang tinggi membuat air nabeez sangat ampuh untuk mengatasi persoalan sembelit. Air nabeez juga diyakini bisa bantu menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh serta meningkatkan ketajaman pikiran.

Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil
Air nabeez juga baik diminum oleh para ibu hamil. Kurma memiliki kandungan yang dipercaya bisa bantu memperkuat otot-otot rahim. Nutrisi dalam kurma pun baik untuk memperkaya kualitas ASI. Para ibu menyusui juga dianjurkan untuk minum air nabeez selama bulan puasa.

Nah Moms, jadi banyak kan manfaat air nabeez untuk kesehatan. Yuk, bikin sendiri di rumah. Cara membuatnya mudah, kan. Selamat mencoba Mommies.