Masalah kuku pada bayi dan anak yang umum terjadi

Berikut ini Mommyasia rangkum beberapa masalah yang umum terjadi pada kuku bayi dan anak.

1. Munculnya garis Beau

Garis Beau dapat menjadi tanda terjadinya malnutrisi pada tubuh si kecil, ditandai dengan garis horizontal sepanjang kuku. Selain itu, beberapa kondisi kesehatan lain juga dapat menjadi penyebab timbulnya garis Beau pada kuku, antara lain penyakit-penyakit yang menyebabkan demam tinggi seperti campak dan demam scarlet, penyakit vaskular periferal, pneumonia, serta defisiensi mineral seng di dalam tubuh.

Kenali Gangguan Kesehatan Lewat 5 Masalah Kuku yang Umum Terjadi Pada Bayi
source: https://www.news-medical.net/amp/health/Beaue28099s-Lines.aspx

Selain itu, garis Beau juga bisa muncul pada pasien yang sedang atau telah melakukan pengobatan kemoterapi. Kelainan berupa munculnya garis Beau ini umumnya bisa dihilangkan. Dibutuhkan waktu sekitar empat hingga enam bulan untuk menghilangkan garis ini pada jari tangan dan enam hingga 12 bulan pada kuku jari kaki.

2. Koilonychia

Istilah umum untuk kelainan kuku yang mempunyai nama medis koilonychia ini adalah spooning atau kuku sendok karena menyebabkan kuku si kecil terlihat seperti sendok. Kuku seseorang dengan kelainan koilinisia akan membentuk suatu cekungan ke dalam.

Kenali Gangguan Kesehatan Lewat 5 Masalah Kuku yang Umum Terjadi Pada Bayi

Ketika si kecil mempunyai bentuk kuku seperti ini, kemungkinan ia juga mengalami satu dari beberapa kondisi kesehatan seperti kekurangan mineral besi atau anemia, hemokromatosis atau akumulasi besi di dalam tubuh, penyakit Raynaud, autoimun, serta beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah.

baca juga

3. Onikolosis

Kenali Gangguan Kesehatan Lewat 5 Masalah Kuku yang Umum Terjadi Pada Bayi

Pengidap onikolosis akan mengalami kuku yang terlepas dari bantalan kukunya. Onikolosis biasa terjadi akibat trauma benturan keras, namun bisa terjadi juga karena penyakit kulit (Psoriasis), obat-obatan (tetrasiklin), amyloidosis, hipertiroid, kosmetik kuku, sabun, sarkoidosis, yellow nail syndrome, radiotherapi, gangguan jaringan ikat atau tanpa penyebab yang jelas, paronychia (jamur, bakteri, herpes panaritium).

4. Onychoschizia

 

Kenali Gangguan Kesehatan Lewat 5 Masalah Kuku yang Umum Terjadi Pada Bayi
source: https://www.pinterest.co.uk/pin/302515299947175211/

Pernahkah Moms melihat bagian ujung kuku si kecil menjadi rapuh dan kusam? Seta tak jarang pula terbelah? Hal inilah yang disebut onychoschizia. Masalah kuku ini umumnya akan terlihat pada bayi di tahun-tahun awal kehidupannya dan pada bagian ibu jari dan jari kaki besar. Diduga penyebabnya adalah trauma berulang serta kebiasaan mengisap ibu jari dan menggigit kuku.

baca juga

5. Onychomadesis

Onychomadesis merupakan masalah kuku yang cukup kompleks karena disebabkan oleh infeksi virus, seperti campak, penyakit tangan, kaki, mulut dan penyakit Kawasaki. Penyakit lain yang menyebabkan demam tinggi pun dapat menyebabkan onychomadesis. Penyakit ini akan mengakibatkan kuku terpisah dari bantalannya dan mengelupas sepenuhnya. 

Kenali Gangguan Kesehatan Lewat 5 Masalah Kuku yang Umum Terjadi Pada Bayi
source: https://www.mdedge.com/clinicianreviews/article/108681/hair-nails/onychomadesis-following-hand-foot-and-mouth-disease

Meskipun sedikit jarang terjadi pada si kecil, namun tak ada salahnya kita lebih memperhatikan kondisi kuku si kecil ya, Moms. Dan jangan lupa untuk selalu merawat dan mejaga kebersihan kukunya. Jika kondisi kuku anak mengkhawatirkan, segera konsultasikan ke dokter anak agar mendapatkan diagnosis serta pengobatan yang tepat.