1. Salah shampoo

Kesalahan yang pertama dan yang paling sering dilakukan adalah salah menggunakan tipe shampoo. Terkadang Moms hanya menggunakan shampoo yang ada saja di rumah atau bersama dengan suami. Sebaiknya, mulai sekarang gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis dan tipe rambut. Beberapa shampoo diformulasikan untuk mengatasi masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok atau kering. Dengan menggunakan shampoo yang tepat, rambut akan jauh lebih sehat dan masalah rambut dapat teratasi.

1. Salah shampoo
source: http://www.harperbazaar.com

2. Tidak menggunakan konditioner

Beberapa orang melewatkan tahap konditioner dalam hal mencuci rambut. Hal ini dapat mengakibatkan rambut kusut, kering dan susah diatur. Dengan menggunakan konditioner yang tepat, dapat membuat rambut lebih sehat dan tidak rontok. Kandungan dalam konditioner memberikan nutrisi lebih pada rambut sehingga rambut mudah disisir dan lembap.

2. Tidak menggunakan konditioner
source: http://www.mnn.com
baca juga

3. Menggosok rambut terlalu keras

Banyak yang mengira dengan menggosokkan shampoo ke rambut dengan keras dapat membuat rambut dan kulit kepala lebih bersih. Langkah ini salah besar, sebab rambut dalam keadaan basah sangatlah rapuh. Sehingga bila menggosokkan shampoo secara keras ke kulit kepala atau rambut, dapat membuat rambut rontok, rusak dan bahkan melukai kulit kepala. Sebaiknya, cukup gosokkan perlahan-lahan dan pijat kulit kepala secara lembut.
3. Menggosok rambut terlalu keras
source: http://www.thefitbay.com

4. Menggunakan air panas

Walaupun mandi dengan air hangat membuat badan rileks, namun untuk keramas, hindari menggunakan air yang terlalu panas. Sebab bila air terlalu panas dapat mengurangi minyak alami di kulit kepala dan dapat membuat kulit kepala dan rambut kering. Cukup gunakan air hangat atau air dengan suhu yang normal saat keramas.

4. Menggunakan air panas
source: http://www.youaremom.com
baca juga

5. Terlalu sering keramas

Bagi sebagian orang, sering keramas dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Sebab dengan keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami pada rambut yang mengakibatkan rambut menjadi kering dan kusut. Namun, bagi pemiliki kulit kepala berminyak atau rambut yang mudah lepek, dianjurkan keramas setiap hari agar tidak ada penumpukan minyak dan kotoran di kulit kepala yang dapat menyumbat pori-pori. Namun, bagi pemilik kulit kepala normal dan kering, sebaiknya cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu untuk menjaga kelembapan rambut.

5. Terlalu sering keramas
source: http://www.today.com

6. Terlalu banyak menuang shampoo

Tidak jarang banyak orang menaruh produk rambut atau shampoo langsung ke kulit kepala. Hal ini dapat menyebabkan produk menumpuk di kulit kepala dan tidak merata pada rambut. Sebaiknya, tuang produk ke tangan terlebih dahulu lalu aplikasikan mulai dari ujung rambut hingga ke kulit kepala. Agar seluruh rambut dapat terawat dan bersih.
6. Terlalu banyak menuang shampoo
source: http://www.shutterstock.com

7. Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Kesalahan yang terakhir adalah tidak menyisir rambut sebelum keramas. Hal ini dapat mengakibatkan rambut kusut dan rontok dengan jumlah yang banyak saat keramas. Rambut yang kusut saat basah lebih mudah rontok, dibanding rambut yang sudah disisir. Oleh sebab itu, lebih baik menyisir rambut terlebih dahulu agar rambut lebih rapi dan tidak mudah rontok saat keramas.
7. Tidak menyisir rambut sebelum keramas
source: http://www.rd.com

Nah, itu dia 7 kesalahan umum yang sering dilakukan. Tidak menyangka ya, kalau ternyata hal-hal kecil seperti di atas dapat menyebabkan rambut rusak. Yuk, mulai sekarang keramas dengan benar demi menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala!