Kontraksi adalah kondisi dimana adanya pengencangan pada rahim yang menjadi tanda persalinan sudah dekat. Namun, tak semua kontraksi menandakan kamu akan segera melahirkan lho Moms, karena bisa saja itu adalah tanda kontraksi palsu.

Kontraksi palsu adalah tanda di mana tubuh sedang mempersiapkan diri untuk persalinan. Rasa kontraksi palsu yang dialami Moms juga tidak berbeda dengan kontraksi asli. Jadi, saat Moms akan segera melahirkan dan mengalami kontraksi, tidak akan membuat Moms kaget atau shock.

Akan tetapi ada beberapa hal membedakan kontraksi palsu dan juga kontraksi asli. Nah, biar Moms enggak salah, yuk intip perbedaan kontaksi palsu dan asli berikut ini.
 

Jangan Sampai Terkecoh Moms! Ini Perbedaan Kontraksi Palsu dan Asli yang Harus Diketahui!
source: http://www.klikdokter.com



1. Waktu Kontraksi

Kontraksi palsu umumnya terjadi di trimester ketiga atau sering juga terjadi pada awal trimester kedua kehamilan. Nah, sedangkan kontraksi asli biasanya terjadi setelah usia kehamilan di atas 37 minggu. Jadi, jika Moms mengalami kontraksi di bawah usia kehamilan 37 minggu bisa jadi itu merupakan kontraksi palsu.
 

Jangan Sampai Terkecoh Moms! Ini Perbedaan Kontraksi Palsu dan Asli yang Harus Diketahui!
source: https://moki.vn
baca juga



2. Rasa Kontraksi

Banyak Moms yang mengatakan bahwa umumnya kontraksi palsu sama dengan kram perut saat menstruasi. Saat kontraksi palsu, Moms biasanya akan merasakan pengencangan dibeberapa bagian tubuh seperti  bagian depan perut atau panggul. Nah, rasa sakitnya pun tidak berlebihan. Perlu diketahui, bahwa saat kontraksi palsu maka dinding serviks tidak menipis dan mulut rahim juga tidak membuka seperti layaknya kontraksi pada proses persalinan.

Sedangkan kontraksi asli umumnya rasa sakit bisa dibilang bergelombang. Jika pada awalnya Moms akan terasa sakit biasa namun lama kelamaan rasa sakit itu akan semakin meningkat. Pasalnya, pada kontraksi asli bagian atas rahim akan mengencang untuk mendorong bayi ke jalan lahir.

Jangan Sampai Terkecoh Moms! Ini Perbedaan Kontraksi Palsu dan Asli yang Harus Diketahui!
source: https://www.parentingclub.co.id



3. Lama Waktu Kontraksi

Kontraksi palsu dan juga asli juga bisa dibedakan dari berapa lama waktu kontraksi. Umumnya pada kontraksi palsu, Moms akan mengalaminya kurang dari 30 hingga 20 detik. Bahkan saat Moms berjalan biasanya kontraksi juga akan berhenti.

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan kontraksi asli yang akan berlangsung pada 30 hingga 70 detik. Namun, kontraksi ini akan terus terjadi walaupun Moms mencoba untuk istirahat dan juga bergerak.

Jangan Sampai Terkecoh Moms! Ini Perbedaan Kontraksi Palsu dan Asli yang Harus Diketahui!
source: http://pregnancy.lovetoknow.com