Menjelang akhir tahun, sebagian masyarakat Indonesia akan mulai dihebohkan dengan persiapan hari Natal. Tentu ini juga termasuk menyiapkan menu makanan spesial Natal yang khas pada masing-masing daerah. 

Ikan Kuah Kuning

Yum! Ini 5 Makanan Spesial Hari Natal dari Berbagai Daerah di Indonesia
source: https://sajianenak.wordpress.com/

Makanan nusantara pertama yang khas disajikan pada hari Natal adalah ikan kuah kuning. Makanan yang berasal di Ambon ini biasanya disajikan bersama dengan papeda, makanan tradisional Ambon yang terbuat dari sagu. Biasanya, ikan kuah kuning akan dimasak dari ikan yang spesial, seperti ikan tuna atau ikan muba. Ikan yang masih segar akan dimasak menggunakan bumbu yang diracik dari campuran kunyit dan kapur. Rasanya yang menyegarkan dengan rasa asam dan gurih.


Ayam Rica-Rica

Yum! Ini 5 Makanan Spesial Hari Natal dari Berbagai Daerah di Indonesia
source: https://selerasa.com/

Makanan khas Manado yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk Mommy. Ya, menu ayam pedas ini memang sangat disukai oleh semua orang. Pasalnya, ayam rica-rica memiliki rasa yang gurih dan sedap dengan beragam rempah yang meresap sampai ke bagian paling dalam daging ayamnya. Nah, menu ayam rica-rica ini tidak pernah absen dalam perayaan Natal umat Kristiani di Manado.

baca juga


Kue Bagea

Yum! Ini 5 Makanan Spesial Hari Natal dari Berbagai Daerah di Indonesia
source: http://bisnisbandung.com/

Tentu Mommy tahu dengan kue jahe yang identik dengan sajian Natal ala negara-negara Barat. Nah, ternyata Indonesia juga punya sajian kue serupa yang dibuat khusus untuk perayaan Natal. Kue ini dapat dikatakan sebagai kue kering khas Natal, dengan nama kue bagea. Kue bagea sendiri merupakan kue kering dari Nusa Tenggara Timur yang memiliki bentuk seperti finger cookies untuk bayi.

Bahan dasar pembuatnya adalah sagu yang dicampur gula halus, biji cintang, tepung sagu, terigu, dan minyak sayur. Setelah itu, adonan juga dicampur dengan kacang cintang halus, kayu manis bubuk, serta cengkeh bubuk.


Kue Lampet

Yum! Ini 5 Makanan Spesial Hari Natal dari Berbagai Daerah di Indonesia
source: https://ik.imagekit.io/

Nah, kalau sajian kue Natal khas dari Batak, kita punya kue lampet. Kue ini merupakan kue yang memiliki bentuk limas yang dibungkus menggunakan daun pisang. Orang asli Batak pasti tidak asing lagi dengan sajian kue spesial khas Natal yang satu ini. Rasa dari kue ini manis karena terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan parutan kelapa. Lalu, adonan kue ini diisi dengan campuran gula merah dan terakhir dibungkus menggunakan daun pisang. Yum!

baca juga


Ayam Budu-Budu

Yum! Ini 5 Makanan Spesial Hari Natal dari Berbagai Daerah di Indonesia
source: https://kreasimasakanibu.blogspot.com/

Terakhir, makanan khas Natal yang tidak kalah enak ini berasal dari Makassar. Namanya adalah ayam budu-budu. Ayam ini dapat dikatakan sebagai "kalkun panggang" Natal versi Indonesia. Rasa dari ayam ini sangat segar dan sedap. Cara membuatnya adalah dengan mengolah ayam kampung bersama dengan air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, serta daun bawang. Bagi umat Kristiani yang berasal dari Makassar, pasti ayam yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk sajian di hari raya yang spesial ini.