Seperti dilansir HealthDetik, para pakar kesehatan dari Harvard University mengatakan bahwa memakan kulit ayam tidak secara berlebihan atau dalam jumlah sedang tidak akan menyebabkan masalah kesehatan.

Tahukah, Moms? Satu porsi 340 gram ayam dengan kulit di atasnya hanya memiliki 50 kalori lebih banyak daripada ayam tanpa kulit dengan ukuran porsi yang sama. Kulit ayam mengandung lemak tak jenuh yang diyakini para pakar di Harvard School of Public Health justru terkait dengan penurunan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah.

Jadi Momok Tapi Disukai, Ternyata Kulit Ayam Ada Manfaatnya Untuk Kesehatan!
source: https://health.detik.com/

Sementara itu menurut Sheena Smith, ahli naturopath dan ahli gizi klinis dari Integrated Medicine Institute, permasalahan kulit ayam ini tergantung pada cara memasaknya.

"Cara memasak kulit juga penting. Jika kamu mencelupkan kulit ayam ke dalam adonan dan remah roti kemudian menggorengnya, maka kamu mengubah makanan ini menjadi sesuatu yang tidak sehat," jelasnya.

Ditambahkan oleh ahli nutrisi dari Singapura, Susie Rucker, mencari tahu asal ayam yang akan dikonsumsi juga sama pentingnya. Sebaiknya konsumsi ayam yang sehat dan dipelihara dengan baik, seperti tidak diberikan suntikan hormon atau antibiotik sebelumnya.

Ahli pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS menjelaskan bahwa dalam kulit ayam sendiri mengandung banyak protein untuk tubuh, khususnya kolagen.

"Sebenarnya dalam kulit ayam sendiri lebih banyaknya itu protein kolagennya," kata Prof Hardin

Lemak pada kulit ayam 55 persen lebih banyak lemak tak jenuhnya, sehingga aman untuk jantung. Ini dikarenakan kandungan utama dalam kulit ayam itu protein yang mengandung kolagen. Ada sekitar dua per tiga bagian protein yang terkandung dari kulit adalah kolagen.

Jadi Momok Tapi Disukai, Ternyata Kulit Ayam Ada Manfaatnya Untuk Kesehatan!
baca juga

Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan

Jika selama ini, kulit ayam dikatakan sebagai sumber berbagai macam penyakit, namun sebenarnya dibalik kelezatannya kulit ayam juga menyimpan banyak manfaat. Di antaranya adalah:

  • Mengandung Omega 6, omega 6 merupakan asam lemak yang sangat sering ditemukan di bagian daging-dagingan. Meskipun kulit ayam ini memiliki pengaruh buruk yaitu kolesterol jika terlalu banyak mengonsumsinya. Tetapi justru kandungan manfaat omega 6 justru lebih banyak ada pada kulit ayam tersebut.
  • Menambah Nafsu Makan Anak, berdasarkan survey mereka yang mengonsumsi kulit ayam lebih merasakan enak bukan karena kulit ayam yang banyak mengandung omega 6, tetapi memang tekstur yang kenyal pada kulit ayam membuat kulit ayam memiliki citra rasa yang enak.
  • Membantu menstabilkan tekanan darah, Tekanan darah dapat tinggi karena berbagai hal. Sering marah atau stress dapat meningkatkan tekanan darah pada otak. Ternyata untuk menstabilkan tekanan darah tidak harus selalu mengonsumsi sayur-sayuran. Bahkan dengan mengonsumsi kulit ayam dengan porsi yang cukup dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.
Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan
source: https://health.detik.com/
  • Memiliki Kandungan Lemak, Lemak memang dapat membuat seorang menjadi gemuk dan bahkan menyebabkan kolesterol, namun ketahuilah tidak seharusnya semua lemak menjadi musuh kita. Lemak juga dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bertumbuh besar. Jadi sejatinya lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk keseimbangan tubuh. Tubuh yang tidak memiliki lemak juga tidak baik untuk kesehatan.
  • Membantu mencukupi kebutuhan kalori harian, dalam 1 gram lemak memiliki kurang lebih sebanyak 6 kalori. Dengan mengonsumsi kulit ayam dapat memenuhi kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena 1 gram lemak memiliki nilai yang sama dengan 6 kalori, maka jika terllau banyak mengonsumsinya dapat menyebakan masalah pula dalam tubuh.
Nah Moms, banyak kan ternyata manfaat kulit ayam untuk kesehatan. Tapi ingat ya, Moms, dengan catatan mengonsumsinya dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.