Kandungan gummy

Dilansir dari HaiBunda, mengutip Very Well Family, vitamin gummy mengandung nutrisi seperti halnya obat lain. Namun, menurut dokter anak, Vincet Ianneli, MD, biasanya jenis multivitamin ini tidak mengandung zat besi dan kandungan kalsium yang terbatas. "Padahal kedua zat ini paling dibutuhkan untuk pertumbuhan anak," ungkap Iannelli.

Walaupun banyak vitamin gummy yang menawarkan nutrisi komplit dari buah dan sayuran, beberapa tidak mengandung serat. Padahal kandungan serat ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan pada si kecil.

Kandungan gummy
source: http://www.istockphoto.com

Menurut Natalie Muth, M.D., RDN,  co-author buku The Picky Eater Project tidak menyaranan produk vitamin gummy untuk anak-anak. Sebab, kandungan gula di dalam produk ini terbilang tinggi. Vitamin gummy memang dikenal manis di lidah, karenanya 2 vitamin gummy biasanya mengandung 1 sendok teh gula tambahan.

Bahaya Vitamin Gummy

Setelah mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di vitamin gummy, Moms harus berpikir 2 kali sebelum memberikan vitamin ini pada si kecil. Adapun beberapa bahaya bila mengonsumsi gummy berlebihan,

  • Membuat gigi lubang dan keropos. Karena gummy mengandung tinggi gula dan lengket, sehingga dapat menempel di gigi dan membuat gigi berlubang dan keropos.
  • Menjadi hiperaktif. Gummy memiliki rasa manis yang didapat dari gula. Bila gula terlalu banyak dikonsumsi dari vitamin gummy, anak cenderung semakin hiperatif
  • Pencernaan tidak lancar. Konsumsi serat yang kurang dapat menyebabkan pencernaan yang tidak lancar yang berakibatkan perut kembung, perut melilit dan susah BAB
  • Menghambat pertumbuhan anak. Tidak semua vitamin masuk ke dalam vitamin gummy ini, sebagian besar memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang kurang. Di mana kedua vitamin ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan otak anak.
Bahaya Vitamin Gummy
source: http://www.istockphoto.com
baca juga

Cara Mengonsumsi Gummy

Walau begitu, Moms masih tetap bisa memberikan vitamin gummy sesekali pada anak. Muth mengungkapkan pemberian vitamin gummy cocok untuk anak yang suka pilih-pilih makanan. Multivitamin gummy ini bisa bertindak sebagai 'asuransi' untuk anak yang sedang belajar makan.

Menurut ahli diet, Sally Kuzemchak, MS, RD, jika ingin memberikan vitamin gummy pada anak, pilih gummy yang mengandung sedikit gula dan tidak menggunakan pewarna buatan. Hindari suplemen mewah dan yang mengandung herbal tambahan. "Jika memilih vitamin gummy, pastikan anak selalu menyikat gigi setelah mengonsumsinya," tutur Kuzemchak.
Cara Mengonsumsi Gummy
source: http://www.istockphoto.com
Nah, Moms jadi lebih paham tentang vitamin gummy untuk anak. Sebaiknya batasi konsumsi vitamin gummy pada anak, ya. Ganti dengan makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan untuk asupan vitaminnya.