Doa Akad Nikah

Doa untuk mempelai pada saat akad nikah disertai resepsi hendaknya dipanjatkan oleh orang-orang yang menghadirinya, termasuk orangtua, keluarga besar, kerabat, terlebih para ulama dan orang-orang saleh. Doa akad nikah diperbolehkan dengan berbagai doa, namun isinya harus meminta kebaikan dan dilandasi dengan niat yang benar.

Doa dari Rasulullah SAW yang direkam dalam hadis sahih dan diriwayatkan Abu Hurairah berbunyi:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya: "Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan." (HR. Abu Dawud)

Doa Akad Nikah

Doa diatas merupakan doa yang diajarkan Rasulullah Saw kepada kita selaku umat Islam. Maksud doa tersebut agar kedua mempelai saat menjalani kehidupan berumah tangga mendapatkan berkah saat dalam keadaan susah maupun senang dan selalu dijalan kebaikan.

Doa Setelah Akad

Setelah selesai mengucapkan ijab kabul, mempelai pria sangat disarankan untuk memegang ubun-ubun istrinya seraya membacakan doa ini.

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Doa Setelah Akad

Artinya: ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

baca juga

Doa saat menyantap hidangan di acara pernikahan

Ketika menyantap hidangan yang disajikan tuan rumah. Hendaknya Moms juga memberikan doa kepada kedua mempelai. Berikut adalah bacaan doanya:
 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ
 

Doa saat menyantap hidangan di acara pernikahan

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)

Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri

Sebelum berhubungan intim, suami istri dianjurkan membaca doa seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA dalam HR. Bukhari No. 6388 dan Muslim No. 1434. Doa yang harus dibaca adalah:

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa."

Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri
source: https://www.instagram.com/citraciki/

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

baca juga

Doa Mohon Diberi Keturunan

Setelah doa sebelum berhubungan suami istri. Doa yang terakhir adala doa mohon agar segera diberi keturunan. Agar segera dianugerahi momongan oleh Allah, doa untuk pengantin ini harus dibaca oleh pasangan suami istri. Seperti disebutkan dalam QS. As-Shafat: 100 yang berbunyi:

“Robbi hablii minash shoolihiin.”

Artinya: ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh.”

Menurut pandangan Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 8:423, tak masalah memanjatkan doa sebagaimana doa Nabi Zakaria AS ketika memohon dikaruniai keturunan. 

Doa Mohon Diberi Keturunan

Nah Moms, itu tadi daftar doa-doa yang dipanjatkan ketika menghadiri suatu acara pernikahan. Praktekkan mulai dari sekarang, yuk!