1. Cobalah Menggabung Beberapa Ruangan 

Terlalu banyak ruangan akan membuat rumah yang kecil menjadi sempit. Jadi, cobalah untuk memikirkan pilihan yang bisa dilakukan agar dapat menggabungkan dua ruangan menjadi satu. Namun, jenis-jenis ruangan yang digabungkan harus benar-benar dipikirkan. Tentu akan sulit untuk menggabungkan kamar tidur dan ruang makan, bukan? Jadi, coba satukan ruangan sebagai dapur dan ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga. Mommy juga bisa menjadikan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dalam satu ruangan tanpa ada pembatas untuk membuat rumah terkesan lebih luas tanpa sekat yang banyak.

5 Tips Menata Rumah Kecil Minimalis Agar Nyaman dan Multifungsi
source: https://inhabitat.com/

2. Tentukan Fungsi Utama Ruangan

Meskipun Mommy memutuskan untuk menata ruangan dengan berbagai fungsi, pastikan untuk selalu mempertimbangkan fungsi utama dari ruangan tersebut. Hal ini penting untuk mengatur tatanan ruangan menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Fungsi utama ruangan juga akan membuat Mommy dapat lebih mudah dalam menata atau menghias ruangan tersebut.

5 Tips Menata Rumah Kecil Minimalis Agar Nyaman dan Multifungsi
source: https://www.homebuilding.co.uk/
baca juga

3. Gunakan Furnitur Multifungsi

Beberapa furnitur yang multifungsi akan sangat berguna untuk membuat ruangan dengan beragam fungsi terlihat lebih rapi dan tertata. Mommy mungkin akan membutuhkan banyak laci dan rak di ruang makan dan dapur. Jadi, pikirkan perabotan yang memang memiliki fungsi tersebut agar tidak terlalu banyak rak dan laci yang memenuhi ruangan tersebut. Pikirkan juga sofa dan meja ruang keluarga yang lebih minimalis dan fleksibel agar dapat difungsikan untuk berbagai kegunaan.

5 Tips Menata Rumah Kecil Minimalis Agar Nyaman dan Multifungsi
source: https://inhabitat.com/

4. Jangan Terlalu Banyak Barang

Pahami bahwa terlalu banyak barang, furnitur dan aksesori akan membuat ruangan yang kecil semakin sempit dan berantakan. Apalagi jika Mommy memiliki ruangan yang punya beragam fungsi. Ingatlah bahwa less is more. Jadi, cermatlah dalam memilih kombinasi perabotan agar tidak terlalu memenuhi ruangan dan dapat berguna secara maksimal dalam memberikan nilai dan manfaat bagi Mommy dan keluarga. Dengan begitu, rumahmu yang sempit dan kecil tidak akan mudah berantakan. 

5 Tips Menata Rumah Kecil Minimalis Agar Nyaman dan Multifungsi
source: https://inhabitat.com/
baca juga

5. Tentukan Tema Warna 

Terakhir, jangan lupa untuk menentukan tema warna ruangan. Ketahuilah bahwa warna memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membangun suasana ruangan. Mommy dapat memilih warna yang terang dan lembut untuk kesan ruangan yang lebih luas dan rapi. Selain itu, Mommy juga dapat melakukan kombinasi dari dua atau tiga warna dalam satu palette yang sesuai dengan selera dan preferensi untuk membangun tema yang lebih cantik.