Kita semua tentu tahu bahwa tidur yang kurang berdampak pada memburuknya mood dan kemampuan ingatan seseorang. Selain itu, kurangnya waktu tidur juga dapat membuat seseorang kehilangan produktivitas harian. Namun, ternyata penelitian lain juga menyebutkan bahwa tidur yang terlalu lama hingga lebih dari sembilan jam sehari dapat berisiko pada peningkatan risiko stroke hingga 85%.

Bahaya Tidur Lebih dari 8 Jam, Tingkatkan Risiko Stroke Hingga 85 Persen!
source: https://food.ndtv.com/

Nah, tidur secara rutin selama lebih dari sembilan jam telah terbukti meningkatkan risiko stroke seseorang. Hasil penelitian ini secara resmi diterbitkan dalam sebuah jurnal Neurology. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa orang yang tidur lebih dari sembilan jam dan tidur siang di siang hari lebih dari 90 menit, akan mendapatkan risiko stroke melonjak.

Namun, penyebab dari kondisi ini ternyata masih belum sepenuhnya terjawab oleh para peneliti. Yang pasti, mereka menemukan bahwa peningkatan durasi atau kuantitas tidur berdampak pada peningkatan peradangan dan berat badan. Hal ini juga berpengaruh pada faktor-faktor lain yang diketahui secara negatif mempengaruhi jantung.

Bahaya Tidur Lebih dari 8 Jam, Tingkatkan Risiko Stroke Hingga 85 Persen!
source: https://verlo.com/

Lalu, bagaimana untuk bisa mendapatkan pola tidur yang sehat?

baca juga

Tidur merupakan salah satu dari tiga "pilar penting kesehatan," yang sejajar dengan asupan nutrisi sehat seimbang dan olahraga yang baik. Orang dewasa sangat dianjurkan untuk mendapatkan tidur setidaknya 7 hingga 8 jam sehari. Mungkin masih wajar jika waktu tidur ini kurang sedikit (lima atau enam jam) atau lebih sedikit (sembilan jam). Namun, jika tidur yang berlebihan menjadi hal yang rutin dan selalu dilakukan, Mommy harus mewaspadai bahaya kesehatan yang mengintai.

Bahaya Tidur Lebih dari 8 Jam, Tingkatkan Risiko Stroke Hingga 85 Persen!
source: https://www.bustle.com/

Untuk mengetahui apakah Mommy sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup sebenarnya dapat dirasakan oleh individu masing-masing. Tidur yang cukup biasanya akan diakhiri dengan rasa yang menyegarkan saat bangun. Apabila Mommy merasa ada keluhan pusing dan rasa tidak nyaman, bisa jadi tidurmu masih kurang atau bahkan berlebih.