Kanker ginjal merupakan jenis kanker yang berawal dari ginjal. Kanker jenis ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Namun, kanker ginjal dimulai ketika adanya mutasi DNA dalam sel-sel ginjal yang tumbuh abnormal dan tidak terkendali. 

Agar Tak Terserang Kanker Ginjal Seperti Vidi Aldiano, Ini Tips Mencegahnya dari Ahli
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcR8YmlRcWAwV_98GK3APprd_1Iu0ayxo0uLJvPt_WG1a8rfRffO

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal yaitu merokok, memiliki keluarga yang mengidap kanker ginjal, obesitas, cuci darah jangka panjang, sindrom von Hippel-Lindau (kelainan bawaan), dan terpapar zat-zat tertentu dalam lingkungan kerja.

Gejala yang timbul akibat adanya penyakit kanker ginjal memang tisak terlalu terlihat apabila masih stadium awal. Namun, jika kanker sudah memasuki stadium lanjut, akan muncul tanda-tanda seperti demam, anemia, nyeri pada punggung bawah dan pinggang, terdapat darah pada urin, hipertensi, berat badan menurun, dan lain-lain.

Agar Tak Terserang Kanker Ginjal Seperti Vidi Aldiano, Ini Tips Mencegahnya dari Ahli
source: https://futurism.com/wp-content/uploads/2016/11/bioartificialkidneys-600x315.jpg
baca juga

Ahli onkologi dan radiologi dr Denny Handoyo Kirana, SpOnk, Rad, dari RS Siloam TB Simatupang mengatakan gejala dan penyebab kanker ginjal memang tidak terlalu terlihat dan tanpa disadari kanker ginjal telah menetap lama di dalam tubuh.

"Karena itu, mulailah untuk menghindarinya dengan perbanyak minum air putih, hindari minuman yang berwarna terlalu pekat seperti teh, soda, kopi, yang menggunakan pemanis buatan, jamu, bahkan alkohol. Coba juga untuk hidup lebih sehat dengan berhenti merokok dan mengkonsumsi makanan yang sehat," ujar dr. Denny dikutip dari HealthDetik.

Untuk menghindari atau mencegah penyakit kanker ginjal, sebaiknya lakukan hal berikut ini:

  • Berhenti merokok. Hal ini sangat mendasar bagi setiap orang yang ingin sehat dan terhindar dari penyakit apapun. Bukan hanya perokok aktif saja, tapi perokok pasif pun harus mulai menjauhi lingkungan yang banyak asap rokok.
  • Kendalikan berat badan dan hindari obesitas. Untuk menghindari obesitas, bisa mengatur pola makan dan olahraga secara teratur.
  • Ikuti pola hidup sehat. Banyak minum air putih merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah kanker ginjal. Selain itu, konsumsi buah dan sayur serta olahraga teratur juga dapat membentuk pola hidup sehat.
  • Kurangi konsumsi minuman kemasan dan berasa, serta yang mengandung pemanis buatan
Agar Tak Terserang Kanker Ginjal Seperti Vidi Aldiano, Ini Tips Mencegahnya dari Ahli
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQlv9lRp1dC1ptYLryTY42waLXRuGflTMZpBhgFarYzYkp8T8Fp

Demikian beberapa informasi mengenai kanker ginjal dan cafa pencegahannya. Semoga bermanfaat Moms!