Dilansir HealthDetik, baru-baru ini, Ardi Bakrie, suami Nia Ramadhani menjadi sorotan publik. Bukan karena hartanya, namun karena putra bungsu konglomerat Aburizal Bakrie ini mengonsumsi mie instan cup yang sudah kedaluwarsa.

Diketahui dari unggahan Ardi Bakrie melalui Instagram storiesnya yang menunjukkan Ardi Bakrie tengah santai mengonsumsi mie cup meskipun sudah kedaluwarsa selama tiga bulan karena kelaparan tengah malam.

Ardi Bakrie Nekat Makan Mie Instan Cup Kadaluwarsa, Apa Bahayanya?
source: https://health.detik.com/
"Sudah expired 3 bulan lagi! Enggak apa-apa kali ya? Bismillah semoga jadi daging," tulis Ardi Bakrie dalam unggahan Insta-Story di akun pribadinya.
source: https://health.detik.com/

Memang kebanyakan orang saat merasa lapar tengah malam, lebih memilih mengonsumsi mie instan karena penyajiannya cepat dan mengenyangkan.

Namun, pakar kesehatan dan ahli gizi komunitas, dr Tan Shot Yen, mengatakan produk ultra proses seperti mie instan memang tidak membuat seseorang langsung masuk rumah sakit namun tetap harus diperhatikan efek kontaminasinya.

Ardi Bakrie Nekat Makan Mie Instan Cup Kadaluwarsa, Apa Bahayanya?
source: https://food.detik.com/
"Risiko pasta yang sudah 'kemasukan' kelembaban tentu akan berisiko adanya jamur (yang tidak terlihat). Nah kontaminasi jamur sekali lagi belum tentu seperti bakteri yang bikin langsung sakit perut. Risiko kontaminasi jamur jika terakumulasi tentu tidak baik untuk hati," kata dr Tan saat dihubungi detikcom pada Jumat (13/12/2019)
source: https://food.detik.com/

Meski dampaknya tak langsung terlihat, risiko masalah tetap ada. Karena produk shelf life atau makanan dalam kemasan yang dipertimbangkan bukan hanya perubahan pada mie nya saja tetapi juga bagaimana kemasan masih bisa bertahan.

baca juga

Menanggapi soal produk kadaluwarsa yang masih beredar, Kepala Badan POM RI, Dr Ir Penny K Lukito MCP, mengimbau masyarakat untuk lebih cermat ketika membeli produk makanan, maupun produk lainnya.

Ardi Bakrie Nekat Makan Mie Instan Cup Kadaluwarsa, Apa Bahayanya?
source: https://news.detik.com/
"Masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas yah. Menjadi konsumen yang cerdas dan selalu bisa kontak BPOM kan banyak sekali aksesnya ya," ujarnya saat ditemui di PT SOHO Industri Pharmasi, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2019).
source: https://news.detik.com/

Salah satu akses yang dapat digunakan untuk mengecek produk kedaluwarsa dapat diakses dalam website BPOM dengan cara memasukkan kata kunci produk, atau pun nomor registrasi produk tersebut.

Penny juga menyarankan agar Moms sebaiknya tidak membeli barang, obat, dan makanan melalui e-commerce. Karena ketika Moms membeli langsung, Moms bisa melakukan cek link, cek kemasan, label, uji obat, dan tanggal kedaluwarsa.

Bahaya Mengonsumsi Makanan Kadaluwarsa

Meski tampaknya sepele, namun akan ada bahaya mengintai ketika Moms mengonsumsi makanan kadaluwarsa. Seperti dilansir Doktersehat, pakar kesehatan Paul van Landingham, EdD yang berasal dari Jonhson & Wales University in Providence menyebutkan jika ada beberapa bahan makanan yang bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya jika dikonsumsi setelah melewati masa kadaluarsanya.

Sebagai contoh, jika Moms memakan bahan makanan daging yang sudah basi, maka Moms bisa mengalami keracunan makanan atau sakit perut. Namun, ada beberapa bahan makanan layaknya wortel yang baru sehari melewati masa kadaluarsanya, biasanya tidak akan memberikan dampak kesehatan apapun.

Bahaya Mengonsumsi Makanan Kadaluwarsa
source: https://food.detik.com/

Hanya saja, kita tetap harus berhati-hati ya Moms dengan adanya resiko terkena keracunan makanan mengingat makanan berkadaluarsa bisa saja terkontaminasi bakteri berbahaya layaknya bakteri salmonella atau listeria.

Biasanya gejala-gejala dari keracunan makanan yang disebabkan oleh memakan makanan yang sudah kadaluwarsa adalah muntah-muntah, kram perut, demam, pusing, dan juga diare. Gejala ini bisa saja muncul dalam waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari jika keracunan ini cukup parah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, penderita keracunan makanan bahkan bisa meninggal nyawanya.

Selain resiko terkena bakteri, makanan yang kadaluarsa juga akan cenderung memunculkan jamur yang jika kita konsumsi, maka bisa membuat masalah kesehatan berupa sakit kepala, mual-mual, atau bahkan gatal-gatal.

Nah, dari pada Moms berisiko mengalami beberapa gejala keracunan makanan, sebaiknya hindari makanan kadaluwarsa dengan selalu melakukan cek tanggal kadaluwarsa pada kemasan produk tersebut. Ingat, teliti sebelum membeli ya, Moms.