Seperti dilansir HealthDetik, id media sosial Facebook viral foto seorang bayi tampak luka di bagian tulang belakang. Akun facebook Apri Apri yang pertama kali mengunggah foto tersebut bercerita hal ini disebabkan ketidaksengajaan karena memaksa cium.

Akun Apri Apri tersebut mengakui foto yang viral adalah anaknya yang kini baru berusia 15 bulan. Ia bercerita sang anak awalnya berontak saat ada yang berusaha mencium.

Gara-gara Dicium Paksa, Bayi 15 Bulan Ini Nyaris Lumpuh
"Posisi tangan yang nyium ini ada di kedua pipi anak sampai kepala. Si anak berontak menggerakkan badan dan kepalanya," kata Apri.
source: https://www.facebook.com/jengaprie/

Apa yang terjadi berikutnya, anak tiba-tiba menangis histeris. Apri sempat mengira ini kerena keseleo biasa namun ada keanehan karena kepala anak tidak bisa tegak dan tangan kirinya lemas tidak bergerak.

Dengan cepat Apri membawa bayi laki-lakinya ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan MRI. Dokter menjelaskan ada kebocoran darah di daerah sumsum tulang belakang yang menekan saraf bisa berujung kelumpuhan sehingga penanganannya harus operasi.

"Menurut dokter mungkin pas si anak berontak leher ketarik ke kiri ini yang jadi penyebabnya. Kalau ketariknya ke atas mungkin masih aman," ungkap Apri.

Apri menjelaskan saat ini kondisi si kecil sudah lebih baik usai operasi hanya tinggal menunggu masa pemulihan. Ia sengaja membagikan cerita agar orang tua lain berhati-hati saat mencium anak agar kejadian yang sama tidak terulang.

Gara-gara Dicium Paksa, Bayi 15 Bulan Ini Nyaris Lumpuh
"Alhamdulah membaik tingal nunggu pemulihan saja," pungkasnya.
source: https://www.facebook.com/jengaprie/
baca juga

Bahaya Bila Bayi Dicium

Berbeda dengan orang dewasa, bayi memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah. Hal ini membuat tubuh bayi rentan terinfeksi kuman dan virus yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Saat bayi dicium, kuman dan virus akan berpindah ke mulut dan wajah bayi, sehingga menyebabkan bayi lebih berisiko terserang penyakit apabila ia sering dicium.

Nah, selain kasus viral anak dari akun facebook Apri Apri tadi, ada bahaya lain yang mengintai bayi jika sering dicium. Apa saja?

Bahaya Bila Bayi Dicium

Herpes simpleks
Salah satu penyakit yang bisa menimpa Si Kecil jika ia dicium oleh orang lain adalah penyakit herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1). Ketika terkena penyakit ini, bayi akan menunjukkan beberapa gejala, seperti lebih rewel, muncul luka dan lepuhan serta ruam pada bibir dan kulit, demam, kurang napsu makan atau menyusu, gusi merah dan bengkak, muncul benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Kissing disease (mononukleosis)
Bayi yang sering dicium bisa terkena penyakit yang disebut mononukleosisVirus Epstein-Barr merupakan penyebab penyakit ini. Karena virus ini terdapat pada liur, maka penularannya tak hanya terjadi ketika seseorang yang terinfeksi mencium bayi, tapi juga saat orang tersebut batuk atau bersin di dekatnya.

Bayi yang menderita penyakit ini akan menunjukkan tanda dan gejala berupa demam, tampak lemas, rewel, ruam kulit, kurang mau makan dan menyusu, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Sariawan karena infeksi jamur Candida (thrush)
Jamur Candida adalah mikroorganisme normal yang menumpang hidup di dalam mulut, kulit, dan saluran pencernaan setiap orang dewasa. Saat seseorang mencium bayi, maka jamur ini bisa berpindah ke dalam mulut bayi. Jika hal ini terjadi, maka bayi yang sering dicium tersebut akan rentan mengalami sariawan mulut akibat infeksi jamur Candida.

Bayi yang terkena infeksi jamur di mulutnya akan mengalami tanda gejala berupa muncul bercak-bercak atau lapisan putih di dalam mulut, lidah, langit-langit, serta gusinya, sudut mulut bayi tampak kering dan pecah-pecah, rewel, dan kurang mau menyusui karena mulutnya terasa perih.

Meningitis bakteri
Maningitis yang diakibatkan oleh infeksi bakteri merupakan kondisi serius yang dapat membahayakan nyawa bayi. Saat terkena meningitis, bayi akan menunjukkan gejala-gejala berupa lemas dan tidak aktif bergerak, demam, kejang, leher kaku, muntah-muntah dan tidak mau makan atau menyusu, dan cenderung tertidur serta susah dibangunkan

Wah Moms, ternyata cukup berbahaya, ya. Padahal hanya sekedar dicium namun malah bisa membuat si bayi sakit atau cedera. Sebagai orang tua, Moms wajib berhati-hati ya, Moms.