Melansir dari Haibunda, seorang dosen metafisika yang juga merupakan penulis buku The Everything Law of Attraction Dream Dictionary, Cathleen O'Connor, Ph.D. mengatakan bahwa mimpi terjatuh dapat terjadi karena dasar fisiologis. Saat kondisi tubuh 'melayang' lebih dalam masuk ke alam bahwa sadar dalam tidur dan sistem saraf menjadi lebih tenang. Pada saat itu, dapat terjadi pergeseran fisiologis untuk kondisi fall asleep atau 'jatuh tertidur' yang akhirnya menyebabkan mimpi terjatuh. Tidak jarang jika orang yang tidur merasakan jatuh tersentak hingga ia akhirnya terbangun.

Pernah Merasakan Mimpi Terjatuh yang Mengejutkan? Ternyata Ini Penjelasannya
source: https://www.dreamdictionarynow.com/

Cathleen mencatat bahwa umumnya mimpi terjatuh ini secara simbolis merupakan bagian dari pikiran yang memberi tahu si pemimpi tentang sebuah kondisi dan keadaan dalam kehidupan nyata. Ketika itu, seseorang biasanya akan merasa berada di luar kendali di mana saat segala sesuatu terjadi secara nyata 'terjatuh' dengan cepat.

Lalu, apakah mimpi terjatuh memiliki arti tertentu?

Pernah Merasakan Mimpi Terjatuh yang Mengejutkan? Ternyata Ini Penjelasannya
source: https://spotthelesson.com/

Cathleen juga mengungkapkan bahwa orang yang merasakan mimpi terjatuh disarankan utnuk memikirkan atau mengevaluasi berbagai aspek kehidupannya, seperti pekerjaan, hubungan dengan orang lain, keuangan, atau mungkin kesejahteraan fisik. Pasalnya, mimpi terjatuh juga dapat terjadi akibat seseorang merasa kewalahan atau khawatir. 

baca juga

Tapi, bagaimana cara mengatasi mimpi terjatuh?

Pernah Merasakan Mimpi Terjatuh yang Mengejutkan? Ternyata Ini Penjelasannya
source: https://www.vequill.com/

Mommy sebenarnya dapat mencegah mimpi terjatuh dengan melakukan jeda sebelum tidur. Luangkan waktu beberapa menit sebelum waktu tidur untuk mengistirahatkan badan dan pikiran sepenuhnya untuk tidur.

Mimpi terjatuh seperti ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun, jika memang terlalu sering dan mengganggu istirahatmu, coba lakukan peregangan dan pengaturan nafas sebelum tidur.