Tri Rismaharini merupakan salah satu Walikota di Indonesia yang namanya terkenal di tanah air. Namun, lebih dari itu, ia ternyata juga cukup populer di dunia Internasional mengingat prestasinya yang sangat baik sebagai seorang pemimpin wanita. Tidak heran jika ia kerap kali diminta menjadi pembicara dalam berbagai acara, forum, dan konferensi Internasional.

Bikin Bangga Indonesia, Walikota Risma Diakui Dunia dan Jadi Pembicara Forum Internasional
source: https://bangordailynews.com/

Baru-baru ini, Recep Tayyip Erdoğan, Presiden Turki, mengundangnya untuk menjadi pembicara dalam forum Internasional yang bertajuk Forum of Women in Local Government. Forum ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 11-12 Desember 2019 di Ankara Turki. Selain Risma, ada pula beberapa walikota perempuan dari berbagai negara yang hadir dalam forum tersebut.

Risma mengatakan bahwa ia mendapatkan undangan dari Presiden Turki memlalui Duta Besar Republik Indonesia di Ankara. 

"Pak Duber menelepon, kalau ia diminta oleh timnya Presiden Erdogan untuk mengundang saya bicara di sana. Itu yang mengadakan partainya pak Presiden Erdogan. Untuk menjadi pembicara pemimpin perempuan," ungkap Walikota Risma dalam Youtube Poin.

Bikin Bangga Indonesia, Walikota Risma Diakui Dunia dan Jadi Pembicara Forum Internasional
source: https://www.radarpena.id/

Ini merupakan kali kedua Tri Rismaharini bertemu dengan Presiden Erdogan. Sebelumnya, ia juga pernah diundang untuk menjadi pembicara di Istanbul, Turki. Di sana Tri Rismaharini memperjuangkan agar Surabaya bisa menjadi tuan rumah untuk event Startup Nation Summit 2018. Selain itu, ia juga pernah diundang ke markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat untuk United Nation Climate Action Summit

baca juga

Tidak hanya itu, Pangeran Charles dari Inggris pun pernah mengundang Walikota Risma untuk mempresentasikan bagaimana pengolahan sampah yang ia terapkan di Surabaya. Di sisi lain, mantan Walikota New York City, Michael Bloomberg, juga pernah mengundangnya untuk menjadi pembicara tentang isu-isu global, seperti penataan kota masa kini hingga pembahasan perkembangan kota-kota.

Bikin Bangga Indonesia, Walikota Risma Diakui Dunia dan Jadi Pembicara Forum Internasional
source: https://kemlu.go.id/

Sebagai wanita yang menjadi pemimpin di tingkat kota, Tri Rismaharini harus diakui memiliki segudang prestasi yang membanggakan. Tentu ini harus menjadi salah satu inspirasi para wanita Indonesia agar selalu mau belajar untuk berkontribusi lebih baik bagi bangsa dan negara.