Risiko berbahaya menempatkan tisu pada dudukan kloset di toilet umum

Seperti dikutip dari Brightside melalui WolipopDetik, inilah alasan jangan menggunakan tisu toilet sebagai alas saat kita hendak membuang hajat:

Bahaya yang Mengintai Saat Menaruh Tisu di Dudukan Toilet Umum
source: https://m.detik.com/wolipop/health-and-diet/d-4823931/suka-menaruh-tisu-di-dudukan-toilet-umum-ini-risiko-kesehatannya

1. Tisu merupakan sumber bakteri

Setiap kali kita menyiram toilet maka bakteri akan menyebar melalui udara lalu menempel pada bagian-bagian toilet, seperti tembok, gagang pintu, dan obyek-obyek terdekat lainnya, termasuk tisu toilet. Dibandingkan dudukan kloset, tisu toilet justru menyimpan lebih banyak bakteri.

Kertas atau tisu toilet biasanya diletakkan di sebelah kloset untuk memudahkan para pengguna mengambilnya. Selain karena letaknya yang berdekatan, tisu toilet merupakan benda yang dapat menyerap dengan cepat, sehingga itu akan menjadikannya tempat bakteri berkumpul. 

Bahaya yang Mengintai Saat Menaruh Tisu di Dudukan Toilet Umum
source: https://www.littlethings.com/think-twice-before-using-liners/

Selain itu, tisu toilet juga memiliki tekstur kasar dan dirancang untuk menjadi penyerap. Oleh sebab itu, tisu toilet menjadi media yang sempurna bagi bakteri untuk bertengger. Ditambah setiap kali kamu menekan tombol penyiram (flush), maka berjuta-juta kuman yang mengerikan dari lubang kloset juga akan berhamburan ke udara dan tersebar ke seluruh ruangan. Bukan tidak mungkin semua bakteri itu juga berpindah ke gulungan tisu toilet. Penyakit yang bisa muncul akibat dari bakteri di toilet di antaranya diare, cacingan dan tifus.

baca juga

2. Dudukan toilet lebih bersih dibanding tisu toilet

Sebenarnya Moms tak perlu khawatir duduk di kloset toilet umum, karena kloset bukanlah tempat yang paling kotor yang ada di dalam toilet. Masih mengutip dari WolipopDetik, menurut ahli mikrobiologi bernama Charles Gerba, tempat-tempat yang sering disentuh, seperti wastafel, tempat mencuci piring, dan tisu toilet justru jauh lebih kotor dan menyimpan banyak bakteri dibandingkan dengan dudukan kloset. 

Bahaya yang Mengintai Saat Menaruh Tisu di Dudukan Toilet Umum
source: https://www.mentalfloss.com/article/64677/why-are-public-toilet-seats-u-shaped

Sebagai contoh, orang lebih mungkin menyentuh kenop pintu, wastafel, dan gulungan kertas toilet dengan tangan yang tidak dicuci, meletakkan mikroba tambahan pada benda-benda tersebut.
Adapun toilet, mereka jarang bersentuhan langsung dengan kulit kita atau bagian lain dari tubuh kita dan banyak orang juga menyekanya dengan serbet sebelum menggunakannya.

3. Meletakkan tisu toilet pada dudukan kloset tidak akan membantu mengusir bakteri

Menggunakan kertas toilet yang ditempatkan di toilet yang sama untuk menutupi dudukan toilet tidak akan mengurangi kemungkinan Moms terkontaminasi kuman atau bakteri. Hal tersebut tidak berfungsi sebagai lapisan pelindung karena telah terkontaminasi dengan mikroba yang sama dan mungkin disentuh oleh orang lain.

Bahaya yang Mengintai Saat Menaruh Tisu di Dudukan Toilet Umum

Sebagai gantinya, Moms dapat membawa tisu higienis dan menggunakannya untuk menutupi dudukan toilet sehingga berpotensi mengurangi jumlah bakteri yang bersentuhan dengan kulit Moms. Jika Moms tidak memilikinya, mungkin lebih baik tidak menyentuh dudukan toilet sama sekali.

baca juga

4. Cukup jaga kesehatan dan kebersihan sederhana saat berada di toilet umum

Memang benar kamar mandi penuh dengan bakteri tetapi tidak perlu sampai paranoid. Jika sistem kekebalan tubuh Moms sehat dan kuat dan Moms mengikuti aturan kebersihan sederhana, sangat kecil peluang untuk berdampak buruk pada tubuh Moms. Karena sebagian besar virus dan bakteri dapat bertahan hidup di dudukan toilet hanya dalam waktu singkat.

Bahaya yang Mengintai Saat Menaruh Tisu di Dudukan Toilet Umum

Jadi cukup selalu jaga kesehatan dan kebersihan sederhana sebelum menggunakan toilet umum ya, Moms. Seperti mencuci tangan dengan sabun. Semoga informasi ini bermanfaat!