Saat melakukan stimulasi pijat pada bayi, sebaiknya Moms memberikan suasana yang tenang, nyaman, dan menyenangkan. Aktivitas stimulasi pijat ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. Bila memungkinkan, dapat dilakukan tiga kali dalam sehari selama 15 menit. 

Tingkatkan Bonding Hingga Berat Badan, Ini Manfaat Stimulasi Pijat Pada Bayi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTtiRHxotlkJK5DFEWSWlRzP78Y8kCH5v8xnbqM52GGj0mIAM30
Stimulasi pijat bayi dapat dilakukan bersamaan dengan pemberian rangsangan lainnya seperti suara, stimulasi visual, dan lain-lain. Mommy bisa melakukan pijat sambil mengajak bayi berbicara. Selain itu, tatapan mata pada bayi juga dapat memberikan stimulasi secara visual. Lakukan pijat selembut mungkin kepada bayi. Jika si kecil menangis, segera cari tahu penyebabnya, apakah karna pijatan terlalu kencang, sakit perut, atau penyebab lainnya. Segera lanjutkan pijatan apabila si kecil sudah mulai merasa nyaman.

Ternyata, stimulasi pijat bayi tidak hanya bermanfaat bagi si kecil lho Moms, tapi juga untuk orangtua. Manfaat pijat bayi untuk anak di antaranya:
  • Membangun bonding dengan orangtua
  • Membuat bayi menjadi rileks dan tidur dengan tenang 
  • Menaikkan berat badan bayi jika dilakukan secara rutin
  • Mengingkatkan frekuensi menyusu

Sedangkan manfaat untuk orangtua yaitu:
  • Membangun bonding dengan anak
  • Mengurangi stres pada orangtua
  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap anak
  • Bentuk komunikasi dengan si kecil
  • Membuat suasana jadi lebih menyenangkan
  • Melatih orangtua belajar mengetahui bahasa nonverbal bayi
Tingkatkan Bonding Hingga Berat Badan, Ini Manfaat Stimulasi Pijat Pada Bayi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQO6PZtKu_RdPjD0Hlk2KzUPLrHiwx4E9jhRGHvc7syt5oxzTGO
baca juga

Kapan orangtua sudah bisa melakukan stimulasi pijat? Stimuliasi pijat sudah bisa dilakukan sejak dini saat bayi sudah stabil. Sebaiknya Moms melakukan pijat saat si kecil sedang dalam kondisi tenang, tidak sedang haus atau lapar, mengantuk, setelah minum susu, dan kondisi lainnya yang tidak memungkinkan tercipta suasana yang kondusif saat pijat.

Bagi orang dewasa, ketika badan sedang merasa tidak enak, salah satu solusinya yaitu pijat. Tapi pada bayi, Moms tidak boleh sembarangan saat si kecil sedang dalam kondisi kurang sehat. Jika hal tersebut terjadi pada si kecil, sebaiknya Moms segera periksakan si kecil ke tenaga medis. Jika memang harus dilakukan stimulasi pijat, mintalah bantuan tenaga kesehatan untuk melakukannya.