Ular Kobra Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Seperti dilansir NewsDetik, baru-baru ini ular kobra ditemukan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam waktu 2 hari, 8 ekor anak ular kobra ditemukan warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sedangkan induknya masih belum ditemukan oleh petugas.

Teror Kobra! Ini Moms Tips Agar Ular Tak Masuk ke Dalam Rumah
source: https://news.detik.com/

Penemuan anak kobra itu ditemukan pada Senin (16/12) sebanyak 3 ekor dan tadi pagi sebanyak 5 ekor. Ular itu ditemukan di Jalan B, Rawa Bambu I, RT 08, Pasar Minggu. Anak ular kobra tersebut ditemukan oleh warga di tumpukan barang-barang di sekitar perumahan warga. Lalu melaporkan kepada petugas Pemadam Kebakaran, dan dilakukan evakuasi secara manual.

Ular Kobra Di Bekasi
Sebelumnya, ular kobra juga ditemukan di daerah Bekasi. Bahkan selama satu bulan terakhir ini, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) telah mengevakuasi puluhan ekor ular kobra dari induk hingga anaknya. Menurut petugas Damkar dalam sebulan ini sudah ada 20 laporan penemuan ular. Evakuasi ular dilakukan di sejumlah kecamatan, yakni Bekasi Selatan, Bekasi Timur, dan Pondok Melati.

Teror Kobra! Ini Moms Tips Agar Ular Tak Masuk ke Dalam Rumah
source: https://news.detik.com/
baca juga

Ular Kobra Di Bantul
Tidak hanya di Jakarta dan Bekasi, ular kobra pun muncul di Bantul, Yogyakarta. seperti dilansir NewsDetik, seekor ular kobra berhasil ditangkap di pekarangan rumah warga di Kecamatan Pundong.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan, penangkapan ular kobra itu berawal dari laporan Ifah, warga Dusun Bodolawuh, Desa Srihardono, Pundong, yang mendapati ular kobra di pekarangan rumahnya.

Teror Kobra! Ini Moms Tips Agar Ular Tak Masuk ke Dalam Rumah
source: https://news.detik.com/

Ular tersebut ditangkap usai petugas melakukan penyisiran di pekarangan rumah Ifah. Petugas tidak mengalami kesulitan yang berarti saat menangkap ular tersebut.

Kemunculan ular kobra tidak hanya terjadi di Kecamatan Pundong. Petugas juga sempat mendapat laporan dari seorang warga Dusun Rejokusuman, Desa Tamanan, Banguntapan, Bantul, terkait kemunculan ular di pekarangan rumahnya.

Cara Agar Ular Tidak Masuk Rumah

Hiii! Ngeri ya, Moms. Teror ular kobra seakan menyebar di seluruh daerah di Indonesia. Kekhawatiran akan masuknya ular ke dalam rumah tentu bisa menghantui siapa saja. Untuk itu, seperti dilansir NewsDetik berikut ini cara agar ular tidak masuk ke dalam rumah.

Geger penemuan anak ular di sejumlah pemukiman di wilayah Jabodetabek. Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rahmat, membagi tips tentang antisipasi saat bertemu ular jenis apapun di dalam rumah atau di lingkungan sekitar rumah.

Cara Agar Ular Tidak Masuk Rumah
source: https://news.detik.com/
"Yang harus dilakukan masyarakat adalah tetap tenang, nggak perlu khawatir sama ular karena ular itu ragamnya macam-macam, ada yang berbisa dan tidak berbisa. Kalau yang berbisa jangan dihandle pakai tangan, harus pakai alat, kalau nggak berani panggil orang yang cukup terlatih untuk menangani," ujar Aji.
source: https://news.detik.com/

Aji mengatakan hal utama mencegah agar ular tidak masuk ke rumah adalah menjaga kebersihan. Selain itu penting memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing itu merupakan poin plus agar hewan melata itu tidak masuk ke rumah.

"Kami mengarahkan sering membersihkan area teras, dan halaman-halaman rumah, karena kalau kita lakukan aktivitas di situ ular nggak akan berani masuk ke dalam kawasan, karena dia akan terganggu," jelas Aji.

Nah Moms, jadi untuk mencegah ular agar tidak masuk ke dalam rumah, Moms harus rajin membersihkan rumah, terlebih area teras dan halaman rumah. Jangan biarkan ada rimbunan rumput atau daun, agar tidak menjadi tempat persembunyian ular. Selalu waspada ya, Moms.

Info lengkap seputar penyebab, cara mencegah hingga mengatasi ular masuk rumah bisa dilihat di sini, Moms!