Seorang youtuber Arby, yang juga pecinta ular, melalui channel youtubenya Arby Reptil Channel mengungkapkan perihal sebab kenapa akhir-akhir ini banyak sekali ular yang ditemukan berada di dalam rumah.

Kata Ahli Soal Teror Kobra, Penyebab, Cara Mencegah & Mengatasi Ular Masuk Rumah

Menurut Arby, ular kobra yang bermuncul bahkan hingga menjadi teror bagi warga sebenarnya bukan hal yang aneh. Dan hal tersebut tidak hanya terjadi di penghujung 2019 saja. Namun terjadi setiap tahunnya. Kemunculan bayi-bayi kobra, biasanya berjenis Kobra Jawa, itu bukan tanpa alasan. Musim pancaroba atau pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, antara bulan November hingga Januari merupakan waktu ideal bagi ular kobra untuk kawin, bertelur, dan menetas atau berkembang biak.

Dimana Ular Senang Bersembunyi

Dalam channel youtubenya, Arby juga mengungkapkan tempat mana saja yang suka dijadikan tempat bersembunyi. Diantaranya adalah tumpukkan benda-benda yang tidak terpakai dan juga tempat-tempat yang lembab. Seperti tumpukkan genting rumah, tumpukkan sampah, dan juga saluran air.

Dimana Ular Senang Bersembunyi
baca juga

Pada dasarnya ular suka dengan tempat-tempat yang dingin, atau yang berdekatan dengan air. Maka di dalam tumpukan itulah ular bersembunyi sekaligus bertelur. Karena pada tumpukkan barang-barang tersebut terdapat hewan lainnya seperti cicak atau katak yang merupakan makanan ular.

Dimana Ular Senang Bersembunyi

Penyebab Ular Masuk ke Dalam Rumah

Moms, sebenarnya bukan salah ular yang masuk ke dalam rumah-rumah warga. Namun menurut Arby, maraknya pembangunan membuat ular kehilangan habitatnya. Pada dasarnya, ular takut dengan manusia. Ular akan sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan manusia. Karena bagi mereka, manusia adalah ancaman.

Namun bayi-bayi kobra kecil tidak tahu kalau manusia adalah ancaman bagi mereka. Karena itu ada berita tentang anak yang tidak sengaja dipatuk ular. Meskipun masih baby kobra tapi sama berbahayanya dengan kobra dewasa, karena dia sudah bisa menyemburkan bisa dan efeknya sama saja, hanya ukurannya masih kecil.

youtube:qioIM62I10w
source: https://www.youtube.com/watch?v=qioIM62I10w
ULAR KOBRA YANG KATANYA MEMASUKI PEMUKIMAN WARGA

​​​​​Namun, rumah ular yang sudah habis tergerus pembangunan mengakibatkan ular mau tidak mau menampakkan diri karena sudah tidak memiliki tempat persembunyian lagi untuk menjauh dari manusia.

Padatnya rumah penduduk yang dulu rawa atau sawah tempat ular bernaung, kini hampir tidak ada. Karena itu, manusia harus hidup berdampingan dengan ular karena habitat ular telah rusak.

Lalu bagaimana cara menanggulanginya?

baca juga

Cara Mencegah Ular Kobra Masuk ke Dalam Rumah

Moms ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ular kobra masuk ke dalam rumah. Berikut ini daftarnya:

Jangan Taburkan Garam
Selama ini solusi yang ditawarkan adalah menyebarkan garam ke seluruh penjuru rumah untuk menghalau ular. Namun cara ini tidak akan efektif sebab ular kobra tidak takut terhadap garam.

Beri Pengharum
Cara kedua yang bisa Moms lakukan adalah memberikan pengharum seperti pembersih kamar mandi di bagian pojok pintu atau tempat yang lembab di sekitar rumah Mommies. Hal ini bisa menjadi salah satu cara ampuh. Sebab ular kobra tidak suka akan bau wangi yang menyengat.

Cara Mencegah Ular Kobra Masuk ke Dalam Rumah
source: https://www.tokopedia.com/

Gunakan Kamper
Kamper atau kapur barus adalah zat padat berwarna putih agak transparan serta memiliki aroma yang khas dan kuat. Moms bisa menghaluskan kapur barus kemudian menyebarkannya di sekitar rumah. Aroma wangi yang tajam dari kapur barus dipercaya dapat mencegah masuknya ular kobra ke dalam rumah.

Pastikan Lingkungan Bersih
Memastikan lingkungan tempat tinggal bersih dan tidak lembab bisa menjadi salah satu cara jitu untuk menghindari masuknya ular ke dalam rumah. Bersihkan tumpukan sampah dan cek saluran air juga perlu Moms lakukan, sebab ular sangat senang dengan lingkungan yang lembab.

Cara Mengusir Ular Kobra dari Dalam Rumah

Jika ular kobra sudah terlanjur masuk rumah, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengeluarkan ular tersebut dari rumah. Beberapa cara tersebut antara lain:

Jangan Panik
Saat ular sudah masuk ke dalam rumah usahakan untuk tetap tenang. Biasanya saat bertemu dengan manusia ular akan menghindar dan pergi jadi usahakan untuk tetap tenang.

Semprotkan Wewangian
Ular tidak menyukai bau wangi yang menyengat seperti pengharum kamar mandi atau pembersih kamar mandi. Saat ular masuk ke rumah, Moms bisa menyemprot pembersih kamar mandi di sekitar ular tersebut.

Cara Mengusir Ular Kobra dari Dalam Rumah
source: https://news.detik.com/

Jangan Pegang dengan Tangan
Jangan sekali-kali mencoba mengambil ular kobra dengan tangan kosong jika Moms bukan seorang profesional di bidang ini. Jika memungkinkan, pakailah hook atau kayu/besi yang ujungnya melengkung (seperti gagang payung) untuk memindahkan ular kobra. Namun, tetap waspada dan berhati-hati.

Panggil Bantuan
Jika ular yang masuk ke dalam rumah dalam jumlah banyak, jangan ragu meminta bantuan. Ada baiknya Moms segera memanggil pemadam kebakaran atau damker untuk membantu mengevakuasi ular-ular tersebut.

Nah Moms, selalu waspada, ya. Rajin-rajinlah membersihkan lingkungan rumah agar tidak menjadi sarang ular kobra.