Dilansir dari DetikHealth, 'kobra' yang dimaksud adalah salah satu pose yoga yang biasa digunakan untuk melatih otot. Terutama otot inti. Bahkan pose 'kobra' ini dapat membakar lemak di perut. Menurut Very Well Fit, pose 'kobra' ini dapat dilakukan oleh pemula atau bahkan yang ahli yoga sekalipun.

Tak Berbahaya dan Tak Berbisa, 'Kobra' yang Ini Justru Mengecilkan Perut
source: http://www.yogajournal.com

Manfaat dari pose 'kobra'

Pose yoga 'kobra' biasanya disebut juga Bhujangasana. Pose ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan postur badan. Tak hanya itu, pose 'kobra' ini juga berpengaruh pada otot badan. Manfaat pose 'kobra' di antaranya:

  • mengurangi kekakuan punggung
  • memperkuat otot perut, lengan dan bahu
  • mengecilkan perut
  • mengurangi stress

Pose yoga 'kobra' memang dapat dilakukan oleh semua orang. Namun, perlu diketahui bahwa pose ini mungkin tidak cocok bagi sebagian orang, seperti orang yang memiliki cedera punggung, tangan, bahu, penderita sindrom carpel tunnel, pasien operasi di area perut dan ibu hamil.

Lalu, bagaimanakah pose yoga 'kobra' yang benar?

baca juga

1. Berbaring tengkurap

Hal pertama yang dilakukan adalah berbaring tengkurap di lantai. Lakukan pose ini dengan merenggangkan kaki ke arah belakang lalu pijakkan di lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan di atas lantai, tepat di bawah bahu dan tekuk siku mengarah kembali pada tubuh.

1. Berbaring tengkurap
source: http://www.yogajournal.com

2. Tekan kaki ke lantai

Selanjutnya, tekan bagian kaki, seperti paha dan pubis dengan kuat ke arah lantai. Bila masih pemula, tekan secara perlahan-lahan. Jangan dipaksakan, sebab dapat membuat bagian tersebut menjadi kaku bahkan kram.

2. Tekan kaki ke lantai
source: http://www.flickr.com
baca juga

3. Mengangkat dada

Langkah ketiga adalah mengangkat dada secara perlahan sambil menarik napas. Angkat dada sebisa yang dilakukan. Lalu tahan pada posisi tersebut dan pastikan posisi kaki tidak berubah. Kemudian tekan tulang ekor ke arah depan dan tekuk ke arah pusar.

3. Mengangkat dada
source: https://theyogastudiosouthlake.com

4. Arahkan dada ke depan

Pada saat melakukan langkah ketiga atau saat menarik nafas dan mengangkat dada, pastikan tulang rusuk mengarah ke depan. Saat mengangkat dada secara perlahan, jangan terlalu mendorong tulang rusuk ke depan. Karena dapat membuat punggung bagian bawah terasa kaku.

4. Arahkan dada ke depan
source: https://yogaholism.com/

5. Tahan posisi

Bila posisi yoga 'kobra' sudah dirasa benar, dan melakukan urutan dengan tepat, maka tahan posisi tersebut selama 15-30 detik. Saat melakukan posisi ini, pastikan nafas diatur secara perlahan.  Lalu kembali ke posisi tengkurap sambil membuang nafas pelan-pelan
5. Tahan posisi
source: http://www.gaia.com

Nah, itu dia pose yoga 'kobra' yang dapat menguatkan otot dan memperbaiki postur tubuh. Kira-kira tertarik tidak untuk mencobanya, Moms?