Efek samping makan telur setiap hari

Telur merupakan bahan makanan yang mempunyai banyak gizi yang cukup lengkap. Selain mengandung banyak protein, telur juga memiliki karbohidrat dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Hobi Makan Telur Setiap Hari? Waspadai Efek Sampingnya, Moms
source: https://www.healthline.com/nutrition/how-many-eggs-should-you-eat

Meski kaya zat gizi, namun terlalu sering makan telur setiap hari juga memiliki efek buruk bagi tubuh kita lho, Moms. Beberapa telur memiliki risiko tinggi yang dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri yang disebut Salmonella. Mereka terdapat pada telur-telur yang tampaknya bersih, dan cangkang yang tidak retak. Selain itu, berikut efek samping yang dapat ditimbulkan jika terlalu sering makan telur seperti dikutip dari Lyberate melalui DetikHealth.

1. Menimbulkan bisul

Moms pasti sering mendengar anggapan jika terlalu sering makan telur nantinya akan bisulan. Hal ini bisa saja terjadi karena kandungan lemak dalam telur sangat tinggi. Kadar lemak yang cukup tinggi ini lah yang merusak kadar minyak alami di dalam lapisan kulit sehingga memunculkan bisul-bisul kecil. Namun bukti ilmiah tentang hal ini tidak begitu kuat sehingga banyak juga meyakininya sebagai mitos belaka.

Hobi Makan Telur Setiap Hari? Waspadai Efek Sampingnya, Moms
source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321270.php

2. Kelebihan berat badan

Telur mengandung 75 kalori per butirnya. Jika Moms makan telur orak-arik untuk menu sarapan dari tiga telur, Moms sudah mendapatkan 225 kalori. Tingginya kalori dalam telur dapat membuat berat badan Moms semakin naik.

Kandungan lemak yang tinggi pada telur, juga bisa membuat berat badan Moms bertambah. Bila ingin lebih sehat, sebaiknya makan telur 2-3 hari sekali untuk Moms yang merasa kelebihan berat badan.

baca juga

3. Asam urat

Jika Moms memiliki nilai asam urat di atas normal, sebaiknya menghindari memakan telur terlalu sering karena zat fosfor di dalam telur dapat mengganggu jumlah asam urat yang ada di persendian. Maka dari itu, sebisa mungkin mulai ingatkan orang terdekat yang memiliki asam urat untuk tidak setiap hari makan telur.

Hobi Makan Telur Setiap Hari? Waspadai Efek Sampingnya, Moms
source: https://www.afacc.net/foot-problems/gout/

4. Mual

Selain masalah alergi, terkadang jika kita mengonsumsi telur dalam jumlah banyak setiap harinya juga akan mendatangkan rasa mual. Mengapa bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena kandungan gas pada telur dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

5. Menimbulkan jerawat

Meski tidak langsung menyebabkan jerawat, telur dapat membuat jerawat pada sebagian orang semakin memburuk. Pola makan yang tinggi daging dan produk daging termasuk telur, biasanya mengandung karbohidrat olahan dan makanan olahan yang dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Peradangan akan membuat laju produksi kelenjar minyak meningkat, sehingga membuat kulit berminyak, mengundang bakteri dan memicu munculnya jerawat di kulit.

Hobi Makan Telur Setiap Hari? Waspadai Efek Sampingnya, Moms
source: https://www.miamiobgyns.com/blog/acne-in-women-causes-and-treatments/

Jadi ada baiknya Moms membatasi makan telur setiap harinya ya. Maksimal 3 butir per hari, masaklah telur sampai matang, usahakan makan semua bagian telur dan mengonsumsinya bersama sayur-sayuran.