Kompres Air Dingin
Menurut dr.Katherine Richel Tambunan dari Mayapada Hospital Tangerang seperti dilansir dari Haibunda, benjol di kepala adalah kategori cedera kepala yang bisa digolongkan jadi tiga, ada ringan, sedang, atau berat. Dan bila berdasarkan pengamatan moms lukanya masih tergolong ringan maka segera kompres dengan air dingin selama kurang lebih 15 menit, dan ulangi lagi setiap 2-3 jam sekali. Cara ini akan membantu menghentikan peradangan dan pendarahan dan membantu mencegah terjadinya benjol.

5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Kepala Anak Benjol Karena Jatuh

Gunakan Obat yang Tepat
Selain di kompres air dingin, benjolan ringan juga bisa diatasi dengan memberi obat luar juga saat efektif mengobati benjolan. Jika benjolan hanya memar maka moms  dapat oleskan salep untuk mengatasi peradangan seperti thrombophop. Namun bila benjolan disertai luka gunakan cairan antiseptik untuk mencegah infeksi seperti pakai obat merah ya moms. Yang tak kalah penting ya moms, sebelum memberikan obat pada buah hati pastikan salep ini khusus untuk bayi atau yang sesuai saran dokter.
 
Waspadai Risiko Lanjutan
Saat anak jatuh dan kepalanya benjol, tidak bisa memastikan bahwa perdarahan yang terjadi apa hanya di bawah kulit ya mom. Karena itu penting untuk mewaspadai kondisi anak walau setelah beberapa hari jatuh.

5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Kepala Anak Benjol Karena Jatuh

Bawa ke Rumah Sakit
Benturan sekecil apapun bisa menyebabkan risiko yang tak terlihat dan tidak langsung dirasakan anak ya moms. Maka dari itu, Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah dr. Felix Samuel, M.Kes, menyarankan untuk mewaspadai kemungkinan trauma kepala atau cedera yang mengakibatkan gangguan pada tengkorak dan atau otak.

Jika anak terus menangis, dan ada perubahan dari kondisi anak setelah mengalami jatuh seperti kesadarannya turun, tidur terus, muntah-muntah berulang kali, lima sampai enam kali bahkan kejang maka sebaiknya bawa ke rumah sakit. Sebab kondisi seperti muntah yang terjadi setelah anak mengalami jatuh bisa jadi tanda  kondisi kurang baik ya moms. Karena muntah adalah suatu gejala adanya peningkatan tekanan dalam kepala.

Beri Istirahat yang Cukup
Setelah anak mengalami jatuh penting bagi moms untuk memberikan istirahat yang cukup bagi buah hati. Walaupun awalnya rewel karena sakit tapi usahan anak tetap istirahat setelah terjatuh. Sebab istirahat yang cukup mampu memberikan pemulihan yang cepat dan mengurangi trauma yang terjadi akibat terjatuh.

Itulah moms beberapa hal yang dapat moms lakukan saat si kecil mengalami benjol di kepala akibat benturan. Dan bila pertolongan pertama sudah dilakukan moms juga bisa menambahkan dengan memberikan nasehat pada anak untuk lebih berhati-hati dalam bermain. Karena sebaik apapun obat, bukankah mencegah lebih baik dari mengobati ya kan moms?