Brokoli
Tahukah moms jika sayuran seperti brokoli, kol, asparagus, hingga kubis brussel yang mengandung segudang nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan ternyata juga  mengandung zat gula atau raffinose yang dapat menyebabkan kentut menjadi makin bau. Selain itu, sayuran ini tinggi serat dan jenis karbohidrat yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Akibatnya pada saat proses metabolisme akan menimbulkan gas dengan aroma yang tidak enak saat moms kentut.

Gak Cuma Ubi, 5 Jenis Makanan Ini Juga Sebabkan Kentut Bau Busuk, Lho!

Kacang-Kacangan
Selain beberapa jenis sayur seperti kol, asparagus dan brokoli ternyata makan kacang-kacangan juga menyebabkan kentut menjadi bau. Hal ini berdasar studi yang diterbitkan dalam Nutritional Journal, sebagian besar kacang-kacangan mengandung banyak raffinose atau sejenis gula yang sulit dicerna oleh tubuh ya moms. Jadi jika moms mengkonsumsi kacang-kacangan maka bakteri akan memecah gula ini menjadi berbagai macam gas, seperti metana hingga belerang dan akibatnya tentu bisa memicu bau busuk pada saat kentut.

Produk Olahan Susu
Produk olahan susu seperti, susu cair, keju, hingga yogurt mengandung laktosa. Dan di dunia ini, ada beberapa orang yang tidak bisa memproduksi enzim laktase atau enzim yang bisa mencerna laktosa sehingga menyebabkan beberapa orang mengidap laktosa intoleran atau ketidakmampuan tubuh dalam mencerna laktosa.

Pada pengidap laktosa intoleran makanan atau minuman yang mengandung laktosa tidak dapat dicerna dengan baik. Sehingga mengendap dan akhirnya menghasilkan gas yang berlebihan serta meningkatkan risiko munculnya kentut berbau busuk.

Gak Cuma Ubi, 5 Jenis Makanan Ini Juga Sebabkan Kentut Bau Busuk, Lho!

Daging Sapi
Daging sapi juga dianggap dapat menyebabkan kentut berbau busuk ya moms. Hal ini dikarenakan daging sapi tidak mengandung serat sehingga bergerak cukup lambat dalam sistem pencernaan, yang memungkinkannya tinggal di usus dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut akan menyebabkan kentut berbau lebih busuk.

Ubi Jalar
Ubi jalar merupakan salah satu jenis umbu-umbian yang sering diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti kolak, ubi goreng, hingga biji salak. Tapi sayangnya nikmatnya, ubi jalar juga mengandung beberapa jenis gula oligosakarida yaitu stakiosa, rafinosa, dan verbaskosa. Dan jenis gula tersebut tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan, karena itulah, saat moms mengonsumsi ubi jalar, maka bakteri pada usus akan mencernanya dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Nah moms, itulah beberapa makanan yang dapat memicu bau kentut  yang lebih busuk. Jadi bila ingin kentut tidak begitu bau maka cobalah untuk menghindari jenis-jenis makanan tadi terutama saat akan berpergian karena bisa bikin malu. Sekian info hari ini semoga bermanfaat dan selamat membuktikan.