Sakit Leher Kronis
 
Gangguan kesehatan yang pertama bagi yang suka tidur tengkurap adalah sakit leher kronis moms. Hal ini disebabkan pada saat tidur tengkurap, secara tidak sadar memiringkan kepada ke kana atau ke kiri sehingga tulang leher tidak sejajar dengan tulang belakang. Padahal pada posisi tidur yang seharusnya, tulang leher, dan tulang belakang haruslah sejajar.
 
Andrew Bang DC, dokter spesialis chiropractic dari Cleveland Clinic, menyatakan bahwa sendi leher akan bergeser sedikit demi sedikit dan memicu kerusakan serius jika tidak cepat-cepat ditangani. Akibatnya, leher terasa kaku dan dapat mengalami herniated disc, yaitu kondisi dimana diskus tulang leher menyembul dan pecah. Diskus yang pecah ini akan mengeluarkan gelatin yang kemudian bisa mengiritasi tulang belakang. Sehingga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Dan jika dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan kelumpuhan.

Jangan Dibiasakan! Ini Gangguan Kesehatan yang Bisa Timbul Karena Tidur Tengkurap

Mempercepat Penuaan
 
Tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh. Saat tidur, tubuh akan melakukan regenerasi atau memperbaiki sel-sel yang rusak, serta mengembalikan vitalitas. Namun posisi tidur yang salah seperti tidur tengkurap malah bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan loh moms, salah satunya adalah keriput atau penuaan yang lebih cepat.
 
Menurut beberapa penelitian, tidur tengkurap juga dapat mempercepat proses penuaan atau keriput pada wajah loh moms. Seperti research Laboratory for Oxidative Stress Research yang dilakukan ilmuwan dari Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Ljubljana, Slovenia, mengungkapkan bahwa kerutan yang terbentuk saat tidur dengan salah satu sisi wajah tertekan ke tempat tidur dapat membuatnya muncul secara permanen. Pori-pori kulit menjadi sulit bernapas dan menjadikan kulit tidak cukup oksigen untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, sehingga muncullah kerutan-kerutan tersebut.

Jangan Dibiasakan! Ini Gangguan Kesehatan yang Bisa Timbul Karena Tidur Tengkurap

Berdampak Buruk bagi Payudara
 
Payudara merupakan aset berharga bagi setiap wanita, yang harus tetap dijaga kesehatan dan keindahannya. Banyak hal yang dapat meberikan dampak buruk pada payudara wanita, seperti posisi tidur yang salah. Maka untuk setiap wanita sebisa mungkin hindari kebiasaan tidur tengkurap ya moms, terlebih bagi yang memiliki size yang lebih besar.
 
Tidur tengkurap memang posisi yang nyaman untuk sekedar bersantai atau tidur seperti biasa. Namun posisi ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan dan keindahan payudara wanita moms. Pasalnya, tidur tengkurap secara langsung memberikan tekanan yang tidak perlu pada payudara. Sehingga bisa mengakibatkan payudara terasa sakit dan cepat mengendur. Agar payudara tidak cepat kendur dan tetap cantik, salah satunya hentikan kebiasaan tidur tengkurap ya moms.
 
Itulah beberapa gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan tidur tengkurap. Biasakan tidur dengan posisi yang benar ya, moms.