Makan menjadi salah satu cara manusia untuk bertahan hidup. Dengan makan manusia bisa mendapatkan nutrisi untuk beragam aktivitas. Melalui makanan pula kesehatan manusia bisa dibangun, jika makanan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi maka kesehatan akan menjadi baik. Sebaliknya jika yang dikonsumsi kebanyakan merupakan makanan "sampah" maka kondisi kesehatan pun akan menjadi buruk. Tapi ternyata makanan tak hanya bisa menentukan kondisi kesehatan seseorang loh moms! Dilansir dari DetikFood, secara mengejutkan makanan-makanan ini bisa menyebabkan kematian mendadak.

Biji Buah

Moms pasti pernah mengalami tak sengaja menelan biji saat mengonsumsi buah. Nah beberapa buah seperti apel, ceri, buah persik (peach), dan aprikot ternyata memiliki biji yang mengandung zat racun loh moms. Di dalam biji buah-buah tersebut terkandung hidrogen sianida atau asam prusat yang bisa memicu kematian mendadak. Meski terdengar menyeramkan, tapi moms tak perlu takut. Pasalnya racun pada biji buah tersebut baru bisa berdampak jika biji melalui proses tumbuk. Selain itu, kematian mendadak juga baru bisa terjadi jika biji dikonsumsi sebanyak satu cangkir penuh.

Biji Buah
baca juga

Biji Pala

Pala menjadi salah satu rempah yang kerap dijadikan bumbu masakan kuliner Asia, termasuk Indonesia. Tapi sebaiknya moms berhati-hati dalam penggunaan rempah asal Maluku ini. Di dalam pala terdapat zat beracun yang bisa menyebabkan halusinasi hingga overdosis. Mengonsumsi sebanyak 0.2 ons biji pala bisa menyebabkan kejang, dan jika dikonsumsi lebih dari 0.3 ons bisa menyebabkan overdosis yang berujung pada kematian.

Biji Pala

Kentang

Merupakan alternatif pengganti karbohidrat yang lebih sehat tak membuat kentang jadi makanan yang sepenuhnya aman. Bagian lain dari tumbuhan kentang seperti batang dan daunnya mengandung zat glikoalkaloid yang bisa mengakibatkan sakit kepala, kram, diare, hingga kematian. Batasan toleransi tubuh manusia terhadap zat ini hanya berada di angka 3-6 mg. Jadi sangat terlarang bagi moms untuk mengonsumsi kentang yang sudah tumbuh atau kulitnya berubah warna menjadi hijau.

Kentang
baca juga

Tuna

Tuna digadang-gadang sebagai salah satu jenis ikan yang paling bergizi. Di pasaran harga ikan ini juga tergolong lebih mahal dibanding jenis ikan lain. Meski begitu ternyata mengonsumsi tuna setiap hari dengan porsi yang besar juga bisa menimbulkan risiko. Tuna merupakan jenis ikan yang bisa menyerap merkuri di laut. Menumpuknya zat merkuri dalam tubuh dapat menyebabkan beragam masalah seperti kerusakan ginjal, otak, gangguan mental, hingga kematian mendadak. Jadi sebaiknya perhatikan jumlah porsi konsumsi tuna perhari agar tidak terjadi risiko yang membahayakan.

Tuna

Singkong

Singkong sering kali diolah jadi beragam makanan tradisional hingga jadi makanan alternatif pengganti nasi. Meski keberadaan singkong sudah begitu familiar tapi ternyata makanan ini mengandung racun hidrogen sianida yang jika tidak diolah secara tepat bisa menyebabkan kematian mendadak. Untuk mengolah singkong moms harus mengupas dan mencucinya dengan benar-benar bersih serta memasaknya hingga matang sempurna.

Moms juga harus memperhatikan varietas jenis singkong yang diolah. Terdapat dua jenis singkong yaitu singkong manis dan agak pahit. Jenis singkong yang agak pahit lebih berbahaya 50 kali lipat dibandingkan dengan yang manis.

Singkong