Dilansir melalui Haibunda, Nadiem Makarim menyayangkan karena sering sekali PAUD mengira institusinya hanya sebagai penitipan anak semata. Padahal menurut Nadiem pendidikan PAUD itu penting. 

"Padahal pendidikan usia dini itu penting... Adalah bagaimana kita belajar dari bermain," kata Nadiem Makarim.

Manfaat PAUD Untuk Anak, Nadiem Makarim: Bukan Sekadar Tempat Penitipan!
source: https://inet.detik.com/

Bagi Nadiem, anak-anak di usia PAUD lebih penting untuk mendapatkan kebebasan berekspresi serta berinteraksi dengan anak lain dibandingkan mengenal sistem baca-tulis-hitung atau calistung. Pendekatan agar anak-anak bahagia di tingkat PAUD itu lebih penting.

Nadiem menambahkan, hal yang penting adalah anak mengetahui bagaimana cara berkolaborasi, berkreativitas, sehingga tertanam rasa cinta sekolah sejak dini.

"Itulah yang sebenarnya membentuk murid ini. Cara berkolaborasi, cara menemukan kreativitas dan dia jadi cinta sekolah, cinta belajar. Yang penting itu bukan... Oh harus cepat menghitung, cepat nulis, cepat membaca. Bukan. Itu bukan yang terpenting," kata Nadiem.

Nadiem khawatir,  jika anak sedari dini tidak mengenal tentang interaksi semacam itu, maka anak-anak akan kesulitan saat menuju jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar (SD). Maka dari itu, Nadiem menekankan agar anak-anak mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan.

"Tapi kalau pendidikan karakter dia, kalau behavior dia, perilaku dia belum terdisiplin. Dia belum bisa beradaptasi dengan lingkungan teman-teman di sekelasnya maupun berinteraksi dengan orang tua, dia akan kesusahan belajar. Jadinya kalau kita sudah benarkan karakter itu pada usia dini, belajar di sekolah tuh jadi mudah," ujar Nadiem.

Manfaat PAUD Untuk Anak, Nadiem Makarim: Bukan Sekadar Tempat Penitipan!
source: https://www.haibunda.com/

Jadi, ketika Moms dan Dads sudah berencana mengikutkan si kecil ke Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD ada kemampuan yang perlu dimiliki anak ya, Moms.

Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki anak adalah keterampilan sosial. Menurut Clairie Haas, wakil presiden The Kiddy Academy di Abingdon, Maryland, kesiapan sosial lebih utama dibanding kesiapan akademis ketika anak akan masuk PAUD.

baca juga

Manfaat PAUD Untuk Anak

Mungkin bagi Mommies, PAUD hanya tempat bermain anak yang bisa saja dilewati dan langsung menyekolahkan anak ke jenjang TK. Namun sebenarnya PAUD memiliki banyak manfaat lho, Moms.

Lingkungan sekolah tentu berbeda dengan lingkungan keluarga dan rumah. Mungkin anak sudah terbiasa mengantri di rumah, bergantian menggunakan mainan misalnya. Namun di sekolah, anak akan menghadapi lebih banyak orang dengan karakter berbeda.

Untuk itu, dengan mengikutkan anak ke PAUD, maka anak akan memiliki kesiapan baik untuk beradaptasi di sekolah, sehingga akan mengurangi stres yang mungkin mereka rasakan.

Manfaat PAUD Untuk Anak
source: https://news.detik.com/

Selain itu ada beberapa manfaat PAUD untuk anak, di antaranya adalah:

  • Membantu pembentukan struktur otak anak
  • Memiliki pencapaian akademis lebih baik
  • Sebagai tambahan aktivitas harian anak yang lebih berstruktur
  • Mendorong perkembangan emosi sosial
  • Belajar disiplin dan mengikuti aturan dengan menyenangkan
  • Mendorong anak untuk berani belajar menulis, membaca, dan berhitung
  • Mendorong minat baca anak
  • Mendorong rasa percaya diri pada anak
  • Lebih siap untuk masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
  • Mendorong anak untuk mendapat nilai lebih baik di sekolah selanjutnya.
Jadi Moms, jika ingin si kecil lebih percaya diri, Moms jangan sampai melewatkan PAUD, ya.