Mengatasi bau badan pada anak dengan cara alami

Seperti orang dewasa, tubuh anak memiliki dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin berada di seluruh permukaan tubuh yang akan mengeluarkan keringat saat suhu tubuh berubah, misalnya saat demam atau mengonsumsi makanan pedas. Keringat yang keluar dari kelenjar ini bertujuan untuk menormalkan suhu tubuh.

Bye Bye Bau! Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Bau Badan Anak Tanpa Bahan Kimia
source: https://www.fatherly.com/parenting/tell-little-kids-odor-cause-concern/amp/

Sementara kelenjar apokrin berada di sekeliling ketiak yang akan menghasilkan keringat yang mengandung sedikit minyak, berwarna buram, dan tidak berbau. Ya, keringat ini akan muncul dan banyak diproduksi ketika si kecil bermain atau beraktivitas di luar. Memang pada awalnya tak berbau. Namun jika keringat kena bakteri maka akan muncul bau yang tak sedap.

Bila usia anak-anak sudah memiliki bau badan, Moms harus mencari tahu dulu apa penyebabnya sehingga akan lebih mudah untuk mengatasi bau tersebut. Dan berikut ini beberapa cara mencegah bau badan pada anak.

1. Menjaga kebersihan tubuh

Anak-anak memang aktif dalam bermain dan tidak peduli dengan kebersihan tubuhnya. Ini bisa menjadi penyebab banyak bakteri menempel pada kulit dan bercampur dengan keringat sehingga menyebabkan bau badan. Untuk itu, orangtua harus menjaga kebersihan tubuh anak dengan mandi rutin dua kali setiap hari.

Dan perlu menjadi perhatian bagi orangtua, agar anak benar-benar membersihkan bagian tubuh yang memiliki lipatan, seperti ketiak, area kemaluan, dan jari-jari kaki dengan air bersih yang mengalir. Jangan lupa untuk membilas dan mencuci tangan dengan bersih setelah buang air.

Bye Bye Bau! Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Bau Badan Anak Tanpa Bahan Kimia
source: https://www.123rf.com/photo_83875290_children-taking-a-bath-cheerful-brother-and-sister-together-take-water-treatments.html

2. Pilih bahan pakaian yang tepat

Pemilihan bahan dalam berpakaian juga penting nih, Moms. Karena jika Moms memilihkan baju anak yang tidak menyerap keringat akan membuatnya menjadi bau tak sedap. Pilihlah bahan kain yang terbuat dari katun atau campurannya, karena bahan tersebut cepat menyerap keringat dan tidak panas, sehingga tidak menimbulkan bau keringat. 

baca juga

3. Perhatikan asupan makanannya

Ketika anak Moms mengalami bau badan, coba deh perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Karena bau tak sedap di badan anak Moms bisa terjadi karena ia terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung bawang merah, bawang putih, daging merah, ataupun makanan yang mengandung sulfur. 

Bye Bye Bau! Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Bau Badan Anak Tanpa Bahan Kimia
source: https://www.shutterstock.com/es/search/vegetables+garlic?section=1&sort=popular&image_type=photo&people_model_released=true&safe=true&search_source=base_related_searches&saveFiltersLink=true

4. Mengoleskan jus lemon

Satu lagi cara alami mengatasi bau badan pada anak yang cukup ampuh adalah dengan mengileskan jus lemon pada bagian tubuh anak. 

Caranya cukup mudah Moms, campurkan satu sendok makan jus lemon dengan secangkir air, aduk hingga rata dan masukkan kapas ke dalam campuran air tersebut. Oleskan kapas tersebut ke ketiak anak, diamkan selama 10 menit dan lakukan setiap hari secara rutin sebelum mandi.

Moms yang tertarik untuk melakukan cara ini harus memastikan dulu bahwa bau badan pada anak bukan disebabkan karena penyakit tertentu. Juga pastikan anak tidak alergi terhadap bahan tersebut dengan mengujinya terlebih dahulu pada kulit anak untuk mengetahui reaksi alergi yang mungkin saja terjadi.

Hal ini dirasa ampuh untuk menggantikan penggunaan deodoran pada anak yang memang tidak disarankan karena beberapa bahan kimia di dalam deodoran itu bisa mengganggu kesehatannya. 

5. Mandi dengan jus tomat atau jus lemon

Cara lainnya dalam mengatasi bau mengganggu pada tubuh anak adalah dengan mandi berendam jus tomat ataupun jus lemon. 

Tambahkan dua cangkir jus tomat ke dalam bak mandi anak dan biarkan dirinya berendam selama beberapa menit agar meresap pada kulit. Lakukan paling tidak empat kali seminggu ya, Moms.

Namun campuran bahan alami ini tidak diperuntukkan untuk mengobati penyakit yang menyebabkan bau badan pada anak. Ini hanya membantu anak menghilangkan bau tubuhnya. Jangan lupa untuk melakukan uji sensitivitas pada kulit untuk menghindari kulit anak yang sensitif dari alergi.

Bye Bye Bau! Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Bau Badan Anak Tanpa Bahan Kimia
source: http://shesmag.com/get-rid-of-dark-circles/ustlj/

6. Bau badan yang tak kunjung hilang mungkin pertanda penyakit

Dalam masa pubertas, bau badan memang wajar terjadi. Namun jika beberapa cara sudah dicoba, tapi bau badan tak kunjung hilang bisa jadi ini tanda suatu penyakit, Moms. Jadi ada baiknya untuk memeriksakan dirinya ke dokter. 

Penyakit yang menyebabkan bau badan antara lain: ginjal, diabetes, liver, hipertiroid, fenilketonuria (gangguan metabolisme), hiperdrosis (keringat berlebihan), dan trimethylaminuria (bau badan amis).

baca juga

7. Perbanyak asupan air

Moms juga harus memastikan asupan air anak terpenuhi. Air membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab bau badan. Selain itu, mengombinasikan susu sapi dengan susu kedelai atau susu almond juga mengurangi bau badan yang dihasilkan oleh anak.