Cara sederhana mencairkan bunga es di freezer

Bunga es memang akan muncul seiring berjalannya waktu terhadap pemakaian lemari es di rumah Moms. Lemari es yang sudah lama tidak dibersihkan akan meninggalkan bunga es yang tebal. 

Jangan Dicongkel! Ini 9 Cara Membersihkan Bunga Es yang Menempel di Freezer

Dampak dari bunga es tersebut yaitu akan menghabiskan tempat dan bisa terkontaminasi tumpahan cairan maupun kotoran. Dan juga apat mempengaruhi seberapa dingin kulkas tersebut.

Berikut cara tepat membersihkan bunga es yang benar agar kulkas Moms di rumah kembali bersih dan dinginnya jadi tahan lama.

1. Jangan tunggu sampai bunga es menumpuk

Melansir Compact Appliance melalui Haibunda, apa pun jenis freezer yang dimiliki, sebaiknya mencairkannya kurang lebih setahun sekali atau ketika lapisan es menjadi lebih dari seperempat inci tebalnya. Hal ini dimaksudkan agar Moms tidak kesulitan dalam mencairkan bunga es dalam freezer tersebut.

Jangan Dicongkel! Ini 9 Cara Membersihkan Bunga Es yang Menempel di Freezer

2. Ubah ke mode defrost atau matikan aliran listrik

Jika terdapat fitur defrost pada kulkas, Moms bisa membiarkan kulkas tetap menyala. Namun jangan lupa ubah pengaturan ke mode defrost untuk mencairkan bunga es. Namun kalau jika kulkas Moms tidak memiliki fitur defrost, segera matikan aliran listrik di kulkas, cabut kabel dari aliran listrik dan biarkan pintunya terbuka supaya udara hangat bisa masuk.

baca juga

3. Keluarkan isi kulkas 

Bagaimana dengan isi kulkas, apakah perlu dikeluarkan? Ya, kalau bisa keluarkan seluruh bahan makanan ya Moms, pindahkan ke dalam cooler bag dan jauhkan dari sinar matahari supaya tetap segar. Jangan lupa keluarkan dan bersihkan rak menggunakan sabun cuci piring, kemudian keringkan.

Jangan Dicongkel! Ini 9 Cara Membersihkan Bunga Es yang Menempel di Freezer
source: http://wildtalesof.com/4-reasons-empty-refrigerator-travel/

4. Biarkan bunga es mencair dengan sendirinya

Apabila kedua langkah tadi sudah Moms terapkan, maka selanjutnya ialah membiarkan bunga es itu mencair. Lama pencairan bunga es ini bervariasi, tergantung tebal pada bunga esnya.

Hal yang perlu Moms ketahui, jangan gunakan alat tajam seperti pisau untuk menghilangkan bunga es yang sudah mulai tipis ya. Sebab jika Moms mencongkelnya akan merusak evaporatornya. Jadi menunggu bunga es meleleh dengan sendirinya adalah cara yang paling aman untuk menyelesaikannya.

5. Menggunakan pengering rambut atau kipas angin

Cara selanjutnya Moms bisa menggunakan pengering tambut (hair dryer) atau kipas angin. Kipas angin dan juga hair dryer dapat membantu mengalirkan udara hangat ke dalam freezer Moms.

Namun, metode ini bekerja paling baik ketika udara di rumah cukup hangat. Cukup siapkan kipas angin di depan freezer dengan membuka pintu kulkas. Aliran udara membantu es mencair lebih cepat. 

Jangan Dicongkel! Ini 9 Cara Membersihkan Bunga Es yang Menempel di Freezer
source: https://careandrepairs.ca/how-to-fix/refrigerator-repair/how-to-defrost-fridge-guide/

6. Letakkan mangkuk air panas di kulkas

Cara tradisional yang masih sering digunakan saat ini adalah dengan meletakkan mangkuk atau baskom air panas di kulkas dan menutup pintunya. Karena freezer tertutup dengan baik, uap dari aliran air panas dapat membantu melonggarkan es sehingga secara alami meleleh dari dinding. Kemudian, Moms dapat menyekanya dengan lap setelah sekira 30 menit.

baca juga

7. Carilah selang pembuangan

Setiap kulkas atau lemari es biasanya dilengkapi dengan sistem pembuangan di bagian dasar yang menuju selang. Selang ini biasanya muncul di bawah lemari pembekunya. 

Coba deh periksa apakah Moms dapat menemukan selang tersebut? Jika ada, Moms bisa langsung  menariknya keluar dan hubungkan dengan selang yang lebih panjang. Apabila Moms tidak menemukan selangnya, tugas Moms ialah mencari solusi agar airnya keluar dari lemari pembeku.

Nah, caranya Moms dapat menempatkan pengganjal (shim) di bawah kaki depan kulkas untuk membantu mendorong air menuju saluran pembuangan dan letakkan kain pel untuk menyerap sebagian besar airnya.

Jangan Dicongkel! Ini 9 Cara Membersihkan Bunga Es yang Menempel di Freezer
source: https://www.thedometicguy.com/dometic-refrigerator-drain-hose-2932749159/

8. Lap sisa bunga es yang mencair

Gunakanlah handuk atau kain untuk mengelap semua air ketika bunga es tersebut mulai meleleh semua dan kulkas sudah kosong dari tumpukkan es.

Letakkan kain basah tadi di dalam ember untuk mencegah airnya ke mana-mana. Langkah selanjutnya Moms harus membersihkannya dengan campuran air dan baking soda.

Kemudian yang harus Moms lakukan adalah mengelap freezer dengan kain bersih atau gunakan sikat gigi untuk bagian yang sulit dibersihkan. Dengan cara itu semua bagian freezer akan bersih dengan sempurna.

9. Periksa penyekat pintu kulkas

Langkah terakhir, Moms bisa juga memeriksa penyekat freezer tersebut. Penyekat pintu yang buruk kondisinya biasanya menyebabkan pembentukan bunga es yang lebih serius.

Jika karet penyekat pintu kulkas tampak rusak, solusinya Moms harus menggantinya. Namun apabila masih terlihat bagus, Moms dapat mengoleskan oliveoil pada penyekat karet lemari pendingin, pastikan semua alurnya diminyaki.

Cara tersebut mencegah penyekat karet mengering dan membantu menjaga penyekat tetap mencengkeram pintu dengan kuat ketika ditutup.

Jangan Dicongkel! Ini 9 Cara Membersihkan Bunga Es yang Menempel di Freezer

Berikut tadi beberapa tips membersihkan bunga es yang menempel pada dinding freezer. Semoga bermanfaat ya Moms!