1. Ayam Kentucky

Dilansir dari FoodDetik, ada beberapa alasan mengapa KFC dipilih sebagai tempat merayakan Natal. Yang pertama ialah menu utamanya, yaitu ayam Kentucky. Pada tahun 1974, KFC di Jepang mengeluarkan promo untuk hari Natal dan tahun baru, di mana promo ini terinspirasi dari budaya barat, yaitu menyantap kalkun sebagai hidangan utama.

Karena orang Jepang sulit menemukan ayam kalkun, maka sebagai gantinya, orang membeli ayam goreng KFC sebagai jamuan natal. Alhasil penjualan ayam goreng KFC pun melonjak tajam. Melihat hal ini, managemen KFC lalu membuat promo besar-besaran tiap hari Natal. Bahkan KFC membuat slogan 'kurisumasu ni wa kentakkii!' yang memiliki artian 'Kentucky untuk Natal' yang masih dikenal sampai sekarang.

1. Ayam Kentucky
source: https://food.detik.com/

2. Dekorasi Natal

Seperti yang dikutip dari Culture Trip, di negara Barat, semua orang menyambut hari Natal dengan meriah. Mereka membuat berbagai dekorasi Natal di pusat perbelanjaan, kantor dan di restoran. Di Jepang, hari Natal tidak semeriah di negara Barat. Hal ini dikarenakan hanya sedikit orang Jepang yang memeluk agama Kristen. Terinspirasi dari budaya barat, gerai KFC selalu didekorasi dengan ornamen Natal yang meriah untuk menyambut hari raya ini. Sehingga orang Jepang tertarik untuk mengunjungi KFC dan menginspirasi tempat lain untuk melakukan hal yang sama.

2. Dekorasi Natal
source: https://www.sickchirpse.com
baca juga

3. Familiar dengan KFC

Selama 45 tahun, animo orang merayakan Natal di gerai KFC masihlah tinggi. Hal ini sudah menjadi tradisi yang bertahan sampai sekarang. Orang-orang Jepang sudah akrab dan famiiar dengan KFC menjelang hari Natal. Bahkan menyantap ayam goreng khas KFC pada malam natal sudah menjadi sebuah tradisi turun temurun. Karena budaya ini sudah turun temurun, KFC terus melakukan inovasi untuk menghadirkan menu spesial pada perayaan Natal.

3. Familiar dengan KFC
source: https://www.culturetrip.com

4. Colonel Santa

Natal selalu identik dengan Santa Claus. Hal ini menjadi salah satu alasan, mengapa orang Jepang bertandang ke KFC. Sebab, maskot KFC, Colonel Sanders, dinilai mirip dengan figur Santa Claus. Anak-anak di Jepang berpikir bahwa Colonel Sanders adalah wujud santa yang sebenarnya. Oleh sebab itu, pihak KFC selalu mendandani patung Colonel dengan pakaian Santa Claus. Tiap gerai KFC di Jepang, selain didekorasi dengan meriah, juga menampilkan patung Colonel dengan penampilan barunya seperti Santa Claus.

4. Colonel Santa
source: http://www.christmasfm.com
baca juga

5. Nostalgia

Menjadi tradisi turun temurun, membuat orang Jepang memilih hidangan KFC untuk Natal sebagai nostalgia. Bukan hanya mengenai ayamnya, namun sebagai tradisi yang sayang dilewatkan. Salah satu orang Jepang, Ando, mengungkapkan ia membeli satu bucket ayam goreng KFC untuk merayakan Natal. Ia juga menganggap acara ini sebagai ajang reuni keluarga.

"Ini merupakan simbol dari reuni bersama keluarga. Ini bukan tentang ayam goreng, ini semua tentang bagaimana berkumpul dengan keluarga. Karena saya dari kecil sudah merayakan natal di KFC, sehingga saya ingin meneruskan tradisi ini ke anak-anak saya," tutur Ando

5. Nostalgia
source: http://www.flickr.com
Ternyata ada alasan yang mendalam bagi orang Jepang yang merayakan Natal di gerai KFC, ya. Bahkan tradisi ini sudah turun temurun selama 45 tahun dan masih berjalan sampai sekarang. Kalau Moms, ada tradisi keluarga yang dijalankan saat menjelang atau saat malam Natal?