ibuu ibuuuu...mumpung masih angett karna baru sabtu kemaren saya mendapatkan tugas buat jadi perwakilan orang  tua untuk mengikuti seminar parenting di sekolah ayya2,

jadiii seminar parenting kali ink ini mengangkat tema bullying oleh ibu Shinta atau yang biasa di panggil Bunda Cinta
Dalam hati, wahhhh asik nih jadi siapa aja yang bully anak saya bs saya libas setelah ikut seminar ini, kaya seolah seolah saya ikut semacam kelas taekwondo yang setelahnya singsingkan lengan baju dan berkata "siapa berani bully anak gue, sini mana!!!"

dan... jeng jengggg di menit pertama apa yang saya dapat kan..
sebuah pertanyaan dari bunda cinta "ibu ibu d sini, sebelum kita semua disini sok sok an bahas bullying bullying di sekolah di luar lingkungan rumah, mari kita bercermin sebentar, jangan jangan kita sebagai orang tua adalah pelaku bullying terhadap anak kita sendiri"

whatt??? bagaimana bisa coba kita sebagai ibu  yang notabene mengaku orang yang paling menyayangi anak sepenuh jiwa raga menjadi pelaku bullying  terhadap anak?
welll coba ibu ibu kita mengingat bersama pada setiap pagi, waktu waktu yang rentan terjadi huru hara di setiap rumah dengan anak yang bersekolah "ADEEEEKKKK BURUANNN MANDIIII ADEKKKK AYOKKKK KEBURU TELAT, ADEKKKK MACET NANTIIII BELUM SARAPAN JUGA" 

pernah gak sih ibu ibu kalo pagi pagi ngomel seperti saya (loh ngajak temen 😁) pagi pagi udah ngajak ribut anak, udah ngomel panjang lebar sama anak, baru juga si anak mau buka mata belum bertingkah belum buka mulut, nyawa juga ibarat nya belum 100%, pernah gak?? 
itu baru pagi hari ibu, anak belum bertingkah

siang dikit, anak pulang sekolah "baju seragam kotor banget, ya Allahhh kamu main apa sih disekolah? bisa gak jadi anak anteng dikit gitu kamu kan cewe???" namanya juga anak anak ibu, anak sehat, lincah iya kan 
atau sesekali "anak kecilll keling bener, anak siapa sih ini" lahhhh orang tua nya si anak aja nanya, mungkin becanda  pernah mikir gak, si anak yang gak tau apa apa ini kepikiran "aku anak siapa sih sebenernya, kok muka ku beda"  

sadar gak sih bu, ternyata banyakkkkkk banget hal hal yang selama ini membuat anak tidak nyaman
kalimat yang keluar dari mulut kita, perlakukan kita, sikap kita
dan karna kita orang tua dan mereka anak anak terkadang membuat si anak tidak cukup berani untuk berkata tidak suka


ya...segala sesuatunya memang harus di mulai dari rumah, bagaimana rumah nyaman untuk belajar, untuk tumbuh, dan apakah kita sebagai orang tua apakah jadi contoh yang baik atau malah pelaku bullying itu sendiri

soo ya, tulisan ini menjadi pengingat diri saya sendiri dan semoga berguna buat ibu ibu
dannnn insya Allah bersambung ke bagian ke dua yaa, tentang apa itu bullying dan bagaimana mengatasinya 

see you soon ibu ibu tercinta 
love, ibu niar