1. Pilihlah jenis sayuran yang akan dikukus

1. Pilihlah jenis sayuran yang akan dikukus

Sebenarnya semua jenis sayuran bisa dikukus Moms, tapi ada beberapa sayuran yang butuh metode pengukusan berbeda dari lainnya seperti brokoli, kembang kol, wortel, asparagus dan buncis yang harus mencapai tekstur tepat ketika dikukus. Memisahkan beberapa jenis sayuran juga penting lho Moms, soalnya durasi pengukusan kan berbeda-beda setiap sayuran.

2. Cuci sayuran hingga benar-benar bersih

2. Cuci sayuran hingga benar-benar bersih

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan sayuran sudah bersih secara keseluruhan.  Ya, bersihkan sayuran dari kotoran, bakteri maupun sisa pestisida yang melekat di permukaannya. di beberapa jenis sayuran memiliki banyak celah yang memungkinkan kotoran dan bakteri menumpuk Moms, jadi jangan tertipu dengan warnanya yang cantik ya. 

Bilaslah sayuran dengan air bersih yang mengalir atau merendam sayuran berjenis di dalam air dingin selama 1-2 menit sebelum membilasnya. Lalu gunakan sikat khusus untuk membersihkan sayuran yang berkulit tebal seperti pare dan kentang.

baca juga

3. Potong sayuran dengan ukuran yang sama

3. Potong sayuran dengan ukuran yang sama

Setelah dicuci bersih, cara mengukus sayuran yang benar adalah memotongnya dengan ukuran yang sama. Hal ini untuk membuat semua sayuran yang Moms kukus memiliki tingkat kematangan yang sama. Jangan sampai, ada yang matang dan ada yang tidak karena Moms nggak memotongnya dengan tepat.

4. Kukus sayuran berdasarkan jenisnya

4. Kukus sayuran berdasarkan jenisnya

Beberapa jenis sayuran membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses kematangannya. Oleh karena itu, pisahkan proses pengukusan sayuran berdasarkan jenis dan ukurannya. Kalau bisa, jangan sampai sayuran menumpuk di salah satu tempat ya Moms untuk menghindari pematangan yang tidak merata.  Jika ingin mengukus beberapa jenis sayuran pada saat yang bersamaan, pastikan memilahnya ke dalam beberapa kelompok.

baca juga

5. Kukus sayuran dengan api sedang

5. Kukus sayuran dengan api sedang

Setelah meletakkan sayuran berdasarkan jenis, selanjutnya mulailah menuangkan 500ml air ke dalam panci dan mendidihkannya dengan api besar. Setelah air mendidih, tutup panci pengukus dan kecilkan apinya menggunakan api sedang. Kukus sayuran selama beberapa menit tanpa disentuh atau dibuka ya Moms. Setelah sayuran dikukus dalam durasi yang sudah ditentukan, barulah boleh mengecek kondisinya.

Nah, itulah lima cara untuk mengukus sayuran yang baik dan gizinya tidak akan hilang. Selamat mencoba ya Moms.