Dilansir dari Haibunda, dr.Karno Suprapto, Sp.OG dari Mayapada Hospital menjelaskan bahwa kanker rahim berbeda-beda pada setiap wanita, tergantung terjadi pada bagian-bagian rahim.

Jangan Disepelekan, Yuk Kenali 7 Gejala Kanker Rahim
source: https://scienceinfotech.com.np/wp-content/uploads/2019/05/Womb-Cancer-390x205.jpg

"Kan rahim ada tiga bagian, kalau itu kanker mulut rahim cara deteksinya hanya dengan pap smear. Kemudian bisa juga kanker di lapisan dalam rahim, itu disebut karsinoma endometrium, kemudian ada kanker di dinding rahim atau otot rahim itu disebut sarkoma," papar dr. Karno.

Dr. Karno juga menjelaskan, salah satu penyebab terjadinya kanker rahim yaitu karena keguguran dan proses pembersihan rahim yang tidak sempurna.

"Kalau orang keguguran kan itu semuanya dikuret bersih, tapi kalau ada yang ketinggalan dan itu tumbuh. Itu yang kita sebut koreo karsinoma artinya kanker yang tumbuh karena kehamilan," jelas dr Karno.

Jangan Disepelekan, Yuk Kenali 7 Gejala Kanker Rahim
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQg_gFkOXiKNvsWlMXQX4yfYWLBlY1MHnoikKUy2XCn9lXDP1uP
baca juga

Jika seseorang terkena kanker rahim, biasanya akan menunjukkan gejala-gejala berikut ini: 

  • Pendarahan. Siklus menstruasi yang sangat tidak teratur dan pendarahan diantara waktu haid dapat menjadi salah satu gejalanya.
  • Keputihan yang tidak normal. Keputihan yang berwarna seperti merah muda dan berair sampai tebal, coklat, dan berbau busuk dapat menandakan adanya sel kanker pada rahim.
  • Rasa sakit saat buang air kecil. Sulit buang air kecil juga bisa jadi salah satu gejala kanker rahim.
  • Membesarnya ukuran rahim. Hal ini tidak dapat tersedeteksi dari luar, melainkan harus dilakukan pemeriksaan pada panggul.
  • Terasa nyeri saat berhubungan intim
  • Penurunan berat badan yang sangat drastis dan tidak terduga
  • Muncul rasa sakit. Sala h satu gejala yang sangat bisa dirasakan yaitu nyeri pada bagian bawah perut, punggung, atau kaki jika sel kanker sudaj menyebar ke bagain tubuh lainnya. 
Jangan Disepelekan, Yuk Kenali 7 Gejala Kanker Rahim
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQLrRk8qKwnEI9NvSXMDtaMQeg9JrStmMFW-4eRI8LxiwMPRIEe

Demikian bebeapa gejala kanker rahim. Semoga bermanfaat ya, Moms!