Seperti dilansir Haibunda, Rifky Ahmad Saputra harus terbaring lemah di rumahnya setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Universitas Indonesia. Rifky tiga hari dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU). Saat ini ia sudah diperbolehkan pulang ke rumah dan menjalani rawat jalan.

Anak yang tinggal di Beji, Depok ini dipatuk ular kobra. Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu pagi(15/12/2019) ketika sedang main bersama teman-temannya di pinggir kali, yang tidak jauh dari rumah.

Duh, Anak di Depok Masuk ICU 3 Hari Karena Iseng Bermain Ular Kobra!
source: https://www.haibunda.com/
"Iya, suka," kata Rifky dikutip dari CNN Indonesia.
source: https://www.haibunda.com/

Ketika sedang main, mereka menemukan dua ekor anak ular kobra. Rifky dan teman-temannya kaget karena baru pertama kali melihat ular di sekitar rumah mereka.

Mereka kemudian memasukkan seekor ular ke toples. Sedangkan, satu ekor lainnya mereka bunuh. Rifky mengaku tidak takut dengan ular. Ia sering menonton video Panji Petualang di YouTube.

Rifky mengeluarkan ular tersebut dari toples. Tapi, sayangnya, ular tersebut malah menggigit ujung telunjuk tangan Rifky. Hilman, ayah Rifky langsung memberikan pertolongan pertama ketika mengetahui hal ini. Hilman mengikat tangan anaknya dengan dasi pramuka.

Hilman membawa Rifky ke Puskesmas Beji yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Kemudian, Rifky dirujuk ke Rumah Sakit UI karena puskesmas tidak punya serum anti bisa ular kobra.

Duh, Anak di Depok Masuk ICU 3 Hari Karena Iseng Bermain Ular Kobra!
source: https://www.haibunda.com/

Rifky dirawat di ICU untuk mendapatkan perawatan intensif. Pihak rumah sakit sempat menyayangkan tindakan Hilman mengikat tangan anaknya. Menurut dokter di rumah sakit tersebut, seharusnya tidak boleh diikat.

Setelah mengalami peristiwa ini, Rifky mengaku kapok melakukan tindakan seperti itu. Dia tidak mau lagi bermain-main dengan ular kobra.

baca juga

Pertolongan Pertama Ketika Digigit Ular

Peristiwa yang dialami Rifky tadi bisa kita jadikan pelajaran ya, Moms, untuk selalu mengawasi anak-anak kita saat sedang bermain. Namun, ketika si kecil terlanjur dipatuk ular, Moms bisa melakukan pertolongan pertama untuk menyelematkan si kecil. Dilansir WebMD, berikut pertolongan pertama untuk korban gigitan ular:

  • Pindahkan orang itu dari tempat digigit ular.
  • Baringkan korban dengan posisi daerah yang tergigit lebih rendah dari jantung.
  • Jaga agar orang itu tetap tenang dan diam agar racun tidak menyebar.
  • Tutup luka dengan perban steril yang longgar.
  • Lepaskan semua perhiasan.
Pertolongan Pertama Ketika Digigit Ular

Segera bawa korban gigitan ular ke rumah sakit. Rumah sakit akan memberikan obat anti bisa ular. Jangan lupa ingatkan anak supaya tidak bermain-main dengan ular ya, Moms.

Nah Moms, jadi selalu waspada ya dengan gigitan ular. Karena November hingga Januari merupakan waktu dimana ular kawin, bertelur, dan menetas. Semoga informasi ini bermanfaat.