Kesalahan-kesalahan dalam memasak pasta

1. Tidak menunggu air sampai mendidih

Jangan pernah memasak pasta dengan keadaan air tidak mendidih, itu akan membuat proses masak Moms gagal. Tunggu sampai air benar-benar mendidih baru masukkan pasta ke dalam panci. Menurut Chef Salvatore Marcello, air harus berada di titik didih yang benar jika ingin mendapatkan tekstur pasta yang al dente

Pasta Tidak Al Dente? Ini 8 Kesalahan Memasak Pasta yang Harus Dihindari

2. Tidak menabur garam pada air rebusan pasta

Sebaiknya taburkan garam agar pasta tidak terlalu hambar dan bisa sedikit gurih setelah matang. Untuk satu kemasan seberat 250 gram pasta, biasanya dipakai 1 sendok teh garam. Moms bisa sesuaikan dengan selera ya. Taburkan garam, sebelum pasta masuk ke air. Aduklah hingga merata di airnya dan baru tuangkan pastanya.

3. Tidak gunakan air yang banyak saat merebus pasta

Jika Moms tidak menggunakan air yang banyak pada rebusan pasta Moms, pastikan lain kali untuk menaruh banyak air ke dalam panci. Buat seakan pasta berenang di dalam air. Karena jika tidak menggunakan banyak air, pasta Moms tidak akan matang secara merata.

Jika wadah memasak yang Moms punya kecil, sementara pasta yang mau Moms buat banyak maka lebih baik melakukan 2 kali proses merebus.

Pasta Tidak Al Dente? Ini 8 Kesalahan Memasak Pasta yang Harus Dihindari
source: https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-2392564/ingin-merebus-pasta-al-dente-dan-enak-ikuti-tips-jitu-ini

4. Lupa mengaduk pasta

Disaat proses merebus pasta, jangan lupa untuk mengaduknya ya, Moms. Hal ini bertujuan agar pasta matang merata dan tidak lengket satu sama lain. Pastikan juga semua terendam air ya selama merebus.

baca juga

5. Api terlalu besar

Jangan gunakan api yang terlalu besar saat merebus pasta Moms. Api terlalu besar bisa menyebabkan pasta gosong dan kehitaman. Aroma air rebusan juga jadi berbeda, seperti aroma terbakar atau gosong.

Ini tentunya mengurangi kenikmatan saat makan. Meski ingin cepat matang, pastikan Moms merebus pasta menggunakan api sedang saja ya dan aduk terus hingga matangnya rata.

Pasta Tidak Al Dente? Ini 8 Kesalahan Memasak Pasta yang Harus Dihindari
source: https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-4504766/anda-perlu-tahu-10-cara-merebus-spaghetti-yang-benar

6. Membuang air rebusan pasta

Jika Moms pernah membuang air pasta, lain kali jangan membuangnya lagi. Karena air rebusan pasta dapat menambah rasa pada saus pasta yang Moms masak. Sisakan sedikit untuk dicampurkan langsung dengan sausnya. Hal ini akan membuat pasta menjadi lebih creamy.

Jadi masukan ke wajan tempat Moms masak sausnya, aduk hingga rata dan kalau Moms melakukan ini maka porsi pengentalan menggunakan maizena bisa sedikit dikurangi ya. 

7. Membilas pasta setelah ditiriskan

Kesalahan saat memasak pasta selanjutnya adalah membilas rebusan pasta. Hal ini tidak disarankan karena akan membuat pasta yang Moms rebus mengandung banyak air dan menjadikan tekstur pasta Moms lembek dan tidak al dente lagi.

Untuk mendapatkan citarasa yang asli dari pastanya, disarankan untuk meniriskan pasta dan langsung menaruhnya ke piring saji atau piring makan lalu tuangkan sausnya sesuai selera.

Pasta Tidak Al Dente? Ini 8 Kesalahan Memasak Pasta yang Harus Dihindari
source: https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-4749468/9-kesalahan-saat-memasak-pasta-yang-perlu-dihindari

8. Tidak memasak pasta menggunakan saus secara langsung

Kesalahan saat memasak terakhir adalah Moms tidak memasak pasta menggunakan saus secara langsung. Sebab memasak pasta dalam keadaan masih panas memungkinkan pori-pori pasta terbuka dan bisa menyerap saus lebih baik.