Penyebab kram kaki saat malam hari

Kram otot, baik yang terjadi pada area kaki atau area lainnya, merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba. Kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit, dan umum terjadi pada kaki. Kram kaki di malam hari sering kali mengenai otot betis, dan biasanya terjadi ketika Moms baru saja tertidur atau baru terbangun.

Kaki Tiba-tiba Kram Saat Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms!
source: https://www.almanac.com/news/home-health/natural-living/leg-cramps-night-causes-and-remedies?amp

Para ahli menyebutkan bahwa penyebab kaki kram saat tidur belum dapat diketahui secara pasti (idiopatik). Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kondisi kaki kram tersebut, yakni :

1. Posisi kaki saat tidur

Kaki kram saat tidur dapat disebabkan oleh posisi kaki Moms ketika berbaring. Sebagian mungkin ada yang tidur dengan posisi kaki yang ditekuk atau dikenal dengan posisi fleksi plantar. Hal tersebut yang bisa memperpendek otot betis sehingga membuat Mons lebih rentan mengalami kram. 

Kaki Tiba-tiba Kram Saat Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms!
source: https://blog.sleepnumber.com/6-bizarre-sleep-positions/

2. Kondisi kesehatan

Kram kaki di malam hari kemungkinan besar bukan disebabkan oleh masalah medis yang serius. Tapi, beberapa kasus telah dikaitkan dengan penyakit Parkinson, diabetes, penyakit ginjal kronis, dan hipotiroidisme.

baca juga

3. Malas gerak

Pola hidup sedentary atau malas gerak (mager). Duduk dalam jangka waktu yang lama bisa membuat otot kaki lebih rentan mengalami kram. Oleh sebab itu, peregangan otot kaki perlu dilakukan beberapa kali saat Moms sedang beraktivitas.

Kaki Tiba-tiba Kram Saat Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms!
source: https://www.verywellmind.com/how-to-stop-being-lazy-4164781

4. Dehidrasi dan kekurangan mineral

Dehidrasi, yaitu kondisi di mana tubuh kekurangan cairan, juga bisa memicu kram kaki. Dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit yang kemudian menyebabkan kaki kram. Selain itu kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium, dapat menyebabkan kaki kram.

5. Posisi duduk yang tidak benar

Posisi duduk dengan kaki menyilang dapat memperpendek otot betis yang berakibat pada kondisi kram kaki. Kondisi ini diperparah jika Moms juga terlalu lama berdiri. Sebuah hasil penelitan menunjukkan bahwa orang yang terlalu lama berdiri di lingkungan kerja lebih berisiko akan mengalami kaki kram di malam hari.

Kaki Tiba-tiba Kram Saat Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms!
source: https://m.wikihow.com/Sit-at-a-Computer?amp=1

6. Efek samping obat-obatan

Jika Moms mengonsumsi obat-obatan seperti pil kontrasepsi, obat antipsikotik, diuretik, statin, obat asma, dan kortikosteroid juga bisa meningkatkan risiko mengalami kram.

baca juga

Cara mencegah kaki kram di malam hari

Untuk mengatasi kaki kram yang kambuh secara tiba-tiba, Moms bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut ini :

  • Hentikan aktivitas dan lemaskan otot Lakukanlah peregangan ringan, misalnya dengan menggerakkan kaki atau berjalan perlahan-lahan.
  • Pijat. Memijat bagian otot yang menegang bisa membantu meredakan kram. Namun, jangan memijat kaki kram terlalu kencang karena dapat memengaruhi kelancaran aliran darah.
  • Kompres. Kompres atau mandi dengan air panas bisa membantu mangatasi kram. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes atau cedera saraf tulang belakang. Selain itu, mengombinasikan kompres hangat dengan kompres dingin juga dapat membantu meringankan kaki kram.
Kaki Tiba-tiba Kram Saat Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms!
source: https://www.healthline.com/health/make-cold-compress
  • Minum air putih. Minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit, untuk mengisi cairan tubuh. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, namun bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut.
  • Konsumsi makanan kaya magnesium. Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, yang kaya akan magnesium, bila Moms sering mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Bila perlu, Moms bisa mengonsumsi suplemen magnesium. Namun untuk ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi suplemen ini.
  • Gunakan obat-obatan pereda sakit. Moms bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol atau gel penghilang nyeri, sesuai petunjuk penggunaan.


Berikut tadi beberapa faktor penyebab terjadinya kaki kram di malam hari serta cara untuk mencegahnya. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!