Seperti dilansir Haibunda, seorang wanita di Malaysia terpaksa dioperasi karena tidak sengaja menelan jarum pentul. Wanita yang tidak disebutkan namanya itu, tidak sengaja menelan jarum pentul yang diapit di bibirnya. Jarum ini kemudian masuk ke saluran pernapasan dan menancap di paru-paru wanita tersebut.

Paru-paru Wanita Ini Tertusuk Jarum Pentul yang Tak Sengaja Tertelan
source: https://wolipop.detik.com/

Akibatnya, ia harus menjalani operasi untuk mengeluarkan jarum pentul. Tim medis Respiratory Universiti Kebangsaan Malaysia Medical Centre (UKMMC) berhasil mengeluarkan jarum dari paru-paru wanita itu pada Rabu (18/12/2019) malam hari.

Seorang dokter bernama Kamarul Ariffin Nor Sadan menulis di Facebook-nya, ini bukan kasus pertama yang terjadi. Biasanya, jarum pentul tertelan ketika batuk, bersin, menarik napas, atau terjatuh dari mulut ketika menggunakan kerudung.

Paru-paru Wanita Ini Tertusuk Jarum Pentul yang Tak Sengaja Tertelan
source: https://www.haibunda.com/
"Kasus seperti ini bukan pertama kali terjadi karena banyak wanita melakukan yang sama ketika menggunakan kerudung/hijab/shawl," tulis Sadan.
source: https://www.haibunda.com/

Jarum yang tertelan bisa jadi masuk ke saluran pernapasan atau saluran pencernaan, Moms. Keduanya sama-sama berbahaya lho. Ini bisa menimbulkan luka, bahkan infeksi.

baca juga

Pendapat yang sama diungkap Dr Bagas Wicaksono, SpTHT. Menurutnya, ketika jarum tertelan dan masuk ke pernapasan, bisa terjadi gagal paru-paru. Gagal paru-paru terjadi jika ada pendarahan.

Paru-paru Wanita Ini Tertusuk Jarum Pentul yang Tak Sengaja Tertelan
"Setelah menelan jarum, mungkin bikin lecet sepanjang jalan jadi pendarahan. Saat pendarahan kalau jumlahnya cukup banyak bahkan bisa menyebabkan paru-paru kolaps," kata Bagas
source: https://www.haibunda.com/

Dampak buruknya mengerikan ya, Moms. Jadi, mulai sekarang jangan mengapit jarum pentul di mulut ya. Kalau tertelan, risikonya bisa fatal.

Apa yang Harus Dilakukan jika Jarum Pentul Tertelan?

Moms, langkah awal jika Moms tidak sengaja menelan jarum pentul seperti wanita di Malaysia tadi, sebaiknya Moms segera pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Mintalah untuk melakukan rontgen pada leher, thorax (dada) atau bila perlu pada perut Mommies dengan segera. Sebab jika tidak segera ditangani, bahaya jarum pentul hijab ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika diketahui jarum pentul tersebut masuk ke dalam lambung. Moms akan dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan berserat agar jarum pentul yang tertelan tersebut bisa keluar melalui fases (kotoran) dan terbungkus oleh kotoran.

Apa yang Harus Dilakukan jika Jarum Pentul Tertelan?

Jika jarum pentul ternyata masuk kedalam saluran pernapasan, bisa dipastikan dokter akan merujuk Mommies untuk pergi ke dokter THT dan meminta segera melakukan tindakan pengambilan dengan melakukan tindakan laringoskopi direk.

baca juga

Cara Menggunakan Jarum Pentul yang Benar

Jika Moms tidak ingin memiliki pengalaman buruk dengan jarum pentul seperti wanita di Malaysia tadi, Moms bisa mengikuti tips menggunakan jarum pentul dengan benar berikut ini:

  • Saat akan mengikat jilbab dengan jarum pentul pada bagian dagu, berikan aksen lipatan sebelum Moms menggunakan jarum pentul.
  • Jika Moms kesulitan menggunakan jarum pentul, ambil alternatifnya dengan menggunakan klip turki.
  • Jangan pernah menggigit jarum pentul ketika Moms masih memperbaiki hijab. Taruh atau tusukan jarum pentul pada busa kecil sebelum digunakan.
Cara Menggunakan Jarum Pentul yang Benar

Wah Moms, ngeri juga ya, kalau jarum pentul sampai masuk ke dalam tubuh kita. Selalu berhati-hati ya, Moms. Hilangkan kebiasaan mengapit jarum pentul di bibir, karena dampaknya mengerikan.