Seperti dilansir HealthDetik, kisah remaja yang viral ini dituliskan oleh akun twitter @yourniaa. Pada postingannya tersebut, ia menceritakan temannya yang berterimakasih kepada salah satu selebgram karena telah menyebarluaskan dampak dari penggunaan skincare abal-abal sebab dirinya saat ini terkena efek serius dari penggunaan skincare tersebut.

Viral! Gegara Skincare KW, Remaja Ini Kena Kanker Kulit Stadium 2
"Aku kena kanker kulit stadium awal. Aku nyesel se nyesel nyeselnya. Kulitku yang awalnya bruntusan terus jerawat meradang sekarang melepuh," demikian kisah yang diceritakan ulang oleh @yournia
source: https://health.detik.com/

Ia mengaku sangat menyesali tindakannya yang ceroboh. Harga murah tentu tidak menjamin kualitas produk tersebut baik. Selama ini ia kerap memakai paket produk skincare berisi toner, serum, krim pagi dan seharga Rp100 ribu per paket.

"Liptiny murah ala Korea yg gk ada nama tolong dihindari. Skincare paket harga 100an itu juga dihindari soalnya kalo bener" bagus harga per produk itu bisa kurleb 100an jadi gk mungkin 100an udah dapet sepaket toner, serum, krim pagi malam" tulisnya.

Menurutnya 30 persen wajahnya sudah mulai membusuk karena dekat mata. Sedangkan mata kirinya sudah mulai kabur ketika melihat. Pertumbuhan kanker dalam tubuhnya begitu cepat, dan kini telah mencapai stadium 2.

"30 persen wajahku udah mulai membusuk karena dekat mata. Mata kiriku sudah mulai tidak jelas. Kankerku pertumbuhannya cepat, aku udah stadium 2," sambungnya.

Kini remaja tersebut hanya bisa pasrah. Karena setelah divonis terkena kanker kulit, dia dan keluarganya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Karena ketika membeli produk skincare KW tesebut, kedua belah pihak sama-sama setuju. Dan dia merasa bahwa ini adalah resiko yang harus ditanggungnya.

Viral! Gegara Skincare KW, Remaja Ini Kena Kanker Kulit Stadium 2

Cerita tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 20 ribu kali dan mendapat respon lebih dari 500 pengguna. Beberapa di antara mereka juga mengungkapkan pengalaman yang sama soal penggunaan skincare palsu.

"Ga perlu pakai yang mahal banget kalau emang nggak mampu, produk lokal yang murah banyak banget dan pasti aman. Stay safe teman-teman semua," tulis akun @svnflo****ska

baca juga

Tips Agar Terhindar Dari Skincare dan Kosmetik Palsu

Nah Moms, kisah di atas harus bisa kita jadikan pelajaran. Harga murah boleh saja, tentu tidak ada salahnya. Tapi jangan sampai, nantinya kita yang menjadi korban akibat produk skincare palsu tersebut. Jadi Moms, agar tidak seperti kisah diatas, yuk ikuti tips agar terhindar dari skincare dan kosmetik palsu berikut ini.

Tahu asal muasal produk
Baiknya Moms tahu dari mana brand kecantikan tersebut berasal. Bila menemukan produk skincare asal dan diproduksi di Amerika tapi ditawarkan dengan harga murah dan memiliki tulisan made in China, Moms wajib curiga.

Jangan mudah tergoda harga miring
Harga super murah bisa jadi pertanda pertama bahwa Moms harus mulai curiga. Apalagi untuk produk dan brand kecantikan yang Moms tahu pasti jarang mengadakan diskon, termasuk produk baru, atau produk premium yang tidak pernah mengadakan promosi. Sebaiknya Moms tahu harga eceran atau harga rata-rata produk yang Moms incar, baik di negara asal (untuk produk import) dan harga di Indonesia.

Tips Agar Terhindar Dari Skincare dan Kosmetik Palsu

Kenali detail kemasan
Di internet, banyak penggemar produk kecantikan yang menjabarkan dengan detail tentang perbedaan kemasan produk asli dan palsu. Rajin-rajin membaca dan mencari tahu, juga di forum-forum kecantikan, agar Moms tidak terjebak membeli produk palsu yang kualitasnya dipertanyakan. Meskipun beberapa produk palsu punya perbedaan sangat signifikan dengan yang asli, namun banyak produk yang sekilas tampak serupa dengan aslinya.

Beli dari counter/distributor resmi
Ini yang paling aman, Moms. Selalu beli di toko atau counter dan distributor resmi produk kecantikan tersebut ya, Moms. Minimal bila Moms ingin membeli dari website atau marketplace yang mengklaim mereka membawa langsung/hand carry produk yang dijual, cari tahu lebih lanjut testimoni pembeli lain dan reputasi tokonya, apakah dapat dipercaya atau tidak.

Nah Moms, itu tadi tips membeli skincare agar tidak tertipu dengan skincare palsu. Semoga informasi ini bermanfaat.