Superfood yang ampuh membuat tubuh langsing dan kulit cerah

Dilansir dari Eating Well melalui DetikFood, berikut ini superfood yang mengandung antioksidan tinggi yang ampuh menurunkan berat badan dan membuat kulit menjadi bersinar.

1. Gandum

Menjadikan gandum sebagai salah satu makanan untuk diet nampaknya sudah dilakukan oleh banyak orang. Wajar rasanya, karena gandum memang sudah terbukti kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme tubuh berkat kandungan seratnya yang tinggi.

Daftar Superfood yang Bisa Menurunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Putih
source: https://m.indiamart.com/proddetail/wheat-14180247462.html

Menurut sebuah studi pada tahun 2015, jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian utuh lainnya, gandum berada di urutan atas sebagai makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Studi tersebut juga menjelaskan bahwa gandum dapat memangkas lemak yang ada di pinggang hingga seluruh badan. Bukan hanya membuat tubuh menjadi langsing, mengonsumsi gandum juga ada manfaat lainnya.

Salah satunya dapat menjaga kulit agar tetap sehat. Itu karena pada gandum mengandung banyak nutrisi seperti tembaga, seng, dan niasin. Bahkan gandum telah digunakan sejak berabad-abad silam sebagai pengobatan dalam mengalami masalah kulit kering, kasar dan gatal.

2. Blueberry

Buah yang tergolong dalam keluarga berry ini memang pantas menjadi buah yang dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, rata-rata dalam satu cangkir buah blueberry mengandung 4 gram serat dan hanya mengandung 80 kalori saja.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Harvard dengan peserta sebanyak 93.000. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa mengonsumsi tiga porsi buah blueberry dan strawberry dapat menurunkan berat badan. Makan buah berry tersebut bisa membuat Moms merasa kenyang.

Daftar Superfood yang Bisa Menurunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Putih
source: https://food.ndtv.com/food-drinks/7-incredible-blueberry-benefits-from-being-a-powerful-antioxidant-to-regulating-blood-sugar-1290470?amp=1&akamai-rum=off

Buah blueberry juga merupakan sumber mangan yang baik yang dapat meningkatkan metabolisme serta membuat tubuh selalu berenergi. Senyawa antioksidan yang terkandung didalamnya juga berkhasiat dalam mencegah kanker, menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi risiko terkena demensia (penurunan memori terkait usia). Moms bisa mengkombinasikan blueberry dengan semangkuk sereal untuk sarapan di pagi hari.

baca juga

3. Alpukat

Alpukat termasuk salah satu sumber makanan yang tergolong superfood. Bagaimana tidak, buah yang dagingnya memiliki tekstur lunak nan lembut ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, kalium, magnesium, folat, vitamin C dan E juga serat yang membuatnya memiliki berbagai khasiat bagi tubuh. Salah satunya untuk mengurangi berat badan berlebih.

Daftar Superfood yang Bisa Menurunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Putih
source: https://philmaffetone.com/the-avocado-craze/

Selain itu, lemak sehat yang ada di dalam buah alpukat dapat membantu mencegah kulit keriput. Sementara nutrisi lain berperan untuk mengurangi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari. 

Banyaknya khasiat yang diberikan dari mengonsumsi buah alpukat ini membuat buah berwarna hijau tersebut sering disebut sebagai superfood. Bahkan Victoria Beckham melakukan diet alpukat untuk mendapatkan berat badan yang seimbang dan kulit bersinar.

4. Walnut (kacang kenari)

Moms ingin mengurangi berat badan tapi hobi nyemil? Kenari bisa jadi salah satu pilhan camilan untuk Moms yang sedang menjalani program diet.

Selain karena kemampuannya meningkatkan metabolisme tubuh, mengonsumsi sedikit kenari saja sudah bisa membuat perut terasa kenyang. Perut yang kenyang akan mengurangi nafsu makan dan akan membantu Moms mengatur berat badan. Hal tersebut karena kenari mampu mengaktifkan bagian otak yang membantu mengendalikan hasrat, termasuk hasrat untuk tidak makan berlebih. 

Daftar Superfood yang Bisa Menurunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Putih
source: https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-walnuts

Selain itu, kenari memiliki lebih banyak ALA, omega-3 yang ditemukan pada tanaman. Kenari menjadi satu-satunya produk nabati yang mengandung omega-3 yang biasa didapatkan dari ikan.

Selain bisa menurunkan berat badan, kenari juga bisa membuat kulit tampak lebih muda karena adanya antioksidan berupa vitamin E, seng dan selenium.

baca juga

5. Ikan salmon

Ikan salmon termasuk ke dalam superfood karena kaya akan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Ikan yang banyak di impor dari Norwegia ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal sehingga mempercepat penurunan berat badan.

Ikan salmon juga mengandung astaxanthin, yaitu sejenis antioksidan yang membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol. Namun, tak hanya itu, senyawa tersebut juga berperan menurunkan berat badan.

Daftar Superfood yang Bisa Menurunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Putih
source: https://recipes.howstuffworks.com/pacific-or-atlantic-salmon.htm

Para peneliti mengatakan bahwa astaxnathin merupakan senjata memiliki sifat anti-penuaan. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, ikan salmon membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, sehingga kulit terasa lebih kenyal. Sementara itu penelitian lain menemukan manfaat lain dari ikan salmon.

Penelitian itu diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti menemukan nutrisi berupa omega-3 pada ikan salmon dapat menurunkan berat badan secara ampun. Omega-3 tersebut juga yang akan memangkas lemak perut sehingga tubuh tampak langsing.

6. Greek yoghurt

Setelah frozen yoghurt, belakangan ini muncul Greek yoghurt yang sedang menjadi tren dikalangan para pelaku diet. Greek yoghurt atau yoghurt Yunani ini lebih disukai karena teksturnya lebih kental namun tetap rendah lemak.

Daftar Superfood yang Bisa Menurunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Putih
source: https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180227131558-262-279107/greek-yogurt-rahasia-panjang-umur-orang-yunani

Dalam 8 ons Greek yoghurt mengandung sekitar 20 gram protein, hampir dua kali lipat lebih banyak bila dibandingkan dengan yoghurt biasa. Mengonsumsi Greek yoghurt 3 jam setelah makan siang juga diketahui dapat membantu mengurangi porsi makan di malam hari.

Demi meraih impian tubuh ramping nan ideal sepertinya Greek yoghurt patut dicoba nih, Moms!