Kandungan terong

Terong kaya akan nutrisi serta mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Nutrisi yang terkandung di dalam terong seperti niasin, magnesium dan tembaga. Dilansir dari Beautynesia, dalam 82 gram terong terdapat:

  • 20 kalori
  • 5 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • 1 gram protein
  • mineral : mangan, folat kalium
  • vitamin K dan C.

Tak hanya itu, terong juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan kaya akan antocyanin. Antocyanin ialah pigment dengan sifat antioksidan yang efektif dalam melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan terong
source: http://www.allrecipes.com

Dapat menurunkan berat badan

Dilansir dari HaiBunda, terong memberikan pengaruh yang baik pada kesehatan. Memiliki serat yang tinggi dan rendah kalori, membuat terong mampu mengontrol dan menurunkan berat badan. Pernyatan ini disetujui oleh ahli nutrisi Rachael Link, MS RD., terong tinggi serat dan rendah kalori, sehingga menjadikannya makanan yang baik untuk penurunan berat badan.

"Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang," ujar Link, dilansir Healthline.

Link menambahkan terong mudah diolah atau dimasak. Terong bisa direbus, ditumis dan dipanggang. Dengan mengonsumsi terong, dapat mengurangi asupan karbohidrat dan kalori, namun tetap meningkatkan kandungan serat dan nutrisi.

Dapat menurunkan berat badan
source: http://www.istockphoto.com
baca juga

Resep membuat air rebusan terong

Lantas, bagaimana cara mengolah terong agar dapat menurunkan berat badan? Cara yang paling efektif ialah dengan cara membuat air rebusan terong. Simak caranya di bawah ini:

Bahan - bahan:
  • 1 buah terong
  • 1 liter air
  • Jus lemon
Cara Membuat:
  1. Kupas kulit terong lalu cuci bersih dan potong dadu
  2. Masukkan potongan terong bersih ke dalam panci dan tambahkan 1 liter air
  3. Panaskan panci dan didihkan selama 20 menit hingga terong menjadi lunak
  4. Matikan kompor lalu diamkan rebusan terong selama 1 jam. Kemudian saring air rebusan terong tersebut
  5. Setelah dingin, simpan air rebusan terong dalam botol dan tambahkan jus lemon
Resep membuat air rebusan terong
source: https://beautynesia.id

Sebaiknya konsumsi air rebusan terong ini dua kali sehari sebelum makan. Minum air rebusan terong selama 1 minggu penuh untuk melihat hasilnya. Walau bisa menghancurkan lemak dan membersihkan tubuh. Moms harus mengimbangan asupan gizi yang lain dan berolahraga agar penurunan berat badan bisa berjalan optimal.

Tertarik mencobanya, Moms?