1. Beli nangka yang masih segar

Tidak ada gunanya menyimpan nangka yang sudah tua atau mulai membusuk. Sebaiknya, pilih nangka yang masih segar atau yang baru saja dipanen. Dengan nangka yang masih segar, waktu penyimpanannya pun bisa lama.

Bila tidak ingin dikonsumsi hari itu juga, Moms bisa membeli nangka yang daging buahnya masih keras dan tidak terlalu matang. Nangka akan matang dalam waktu 1-2 hari dan bisa disimpan terlebih dahulu. Buah nangka yang sudah matang atau yang terlalu matang akan mudah busuk hanya dalam waktu 3-4 hari saja.
1. Beli nangka yang masih segar
source: http://bnzr.vot.pl

2. Buang kulitnya

Bila Moms membeli nangka secara utuh maka buang kulitnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Pastikan daging buahnya bersih dan terlepas dari kulitnya. Jika Moms membeli nangka yang sudah kupas, pastikan tidak ada kulit yang masih menempel pada daging buah nangka.
2. Buang kulitnya
source: http://en.wikipedia.org
baca juga

3. Buang bijinya

Buah nangka bisa disimpan dengan bijinya atau dengan membuang bijinya. Namun, disarankan untuk membuang bijinya. Selain tampilan nangka menjadi bersih, juga memudahkan Moms untuk mengolahnya, tanpa harus mengeluarkan bijinya terlebih dahulu.
3. Buang bijinya
source: http://www.istockphoto.com

4. Pindahkan ke wadah

Setelah buah nangka dipastikan bersih, Moms bisa memindahkannya ke wadah yang tertutup. Bila Moms membeli buah nangka kupas, biasa diikuti dengan wadah plastik atau stereofoam di bawahnya, pindahkan buah nangka ke wadah lain yang ada tutupnya. Bila disimpan dalam wadah stereofoam atau wadah plastik tanpa tutup, dapat membuat buah nangka cepat membusuk. Kemudian simpan buah nangka di dalam lemari es. Bila ingin buah nangka tahan lebih lama, Moms bisa menyimpannya di freezer.

4. Pindahkan ke wadah
source: http://www.boldsky.com
baca juga

5. Dibuat menjadi asinan atau manisan

Buah nangka bisa bertahan lama bila diolah menjadi asinan atau manisan. Sebab garam dan gula dapat mengawetkan buah nangka tersebut. Agar lebih tahan lama dan tetap mempertahankan rasa nangka, Moms bisa merebus buah nangka dengan sedikit gula dan air. Setelah buah nangka yang sudah direbus terasa dingin, masukkan buah nangka ke dalam wadah tertutup dan simpan di lemari es.
5. Dibuat menjadi asinan atau manisan
source: http://www.istockphoto.com

Nah, itu dia 5 tips dalam menyimpan buah nangka agar tetap segar dan bertahan lama. Cukup mudah untuk diterapkan bukan?