1. Marigold

Dilansir dari HaiBunda, tanaman pertama yang dapat mencegah ular masuk ke rumah adalah tanaman Marigold. Tanaman ini memang diperuntukkan untuk mencegah datangnya hama, seperti ular dan tikus tanah. Akar Marigold mengeluarkan bau kuat yang dapat mengusir banyak hama dan binatan di kebun. Bau yang khas dan aroma yang kuat dari tanaman yang cantik ini membuat hama tidak ingin mendekat. 

1. Marigold
source: https://www.greenhousegrower.com

2. Lidah mertua

Tanaman yang satu ini mudah ditanam dan untuk merawatnya pun tidak susah. Tahan di iklim yang panas maupun dingin, tanaman ini memiliki fungsi mengusir hama. Ya, tanaman lidah mertua dapat mengusir ular karena daunnya yang tajam. Penampakan daun lidah mertua terlihat menyeramkan bagi ular.

2. Lidah mertua
source: http://www.wittyfeed.com
baca juga

3. Serai India Barat

Ular tidak menyukai tanaman yang memiliki aroma yang kuat, sehingga ular cenderung tidak mendekat dan menghindari area sekitar itu. Tanaman serai menghasilkan aroma jeruk yang kuat dan tidak disukai ular. Serai India Barat merupakan salah satu tanaman yang dipercaya dapat mengusir hama di dalam rumah. Serai ini ditanam di sekitar rumah untuk mengusir ular, nyamuk dan bahkan kutu.

3. Serai India Barat
source: https://id.wikipedia.org/

4. Bawang putih

Bawang putih dikenal dengan bau dan aroma yang kuat dan tahan lama. Ternyata, tanaman bawang putih ini sudah digunakan sejak dahulu kala. Orang-orang Mesir Kuno, Yunani dan Romawi menggunakan tanaman bawang putih untuk mengusir ular. Ular sendiri tidak suka melata di atas daun-daun. Selain itu, minyak dari bawang putih dapat membingungkan ular ketika melata di atasnya.

4. Bawang putih
source: https://upgardener.co.uk/garlic/
baca juga

5. Lavender

Selain menjadi pengharum alami ruangan, Lavender juga memiliki fungsi lain, yaitu mengusir lalat. Tanaman lavender menjadi salah satu tanaman terbaik dalam mengusir hama. Bau yang khas membuat hama tidak ingin mendekat. Aroma Lavender yang kuat dapat mengusir lalat dan nyamuk, juga mencegah hama datang ke dalam rumah, seperti tikus dan ular.

5. Lavender
source: https://www.everescents.com.au
Nah, itu dia 5 jenis tanaman yang dapat mencegah ular masuk ke dalam rumah. Perhatikan lokasi penataan tanaman-tanaman ini, ya. Moms bisa menatanya seperti membuat pagar pembatas, atau menanam tanaman ini sepanjang pagar rumah. Selamat mencobanya, Moms!