Dalam pemilihan sekolah untuk anak, orangtua memiliki pertimbangan masing-masing seperti lebih mengedepankan pendidikan agama, sensori, karakter, alam, dan lain-lain.

Di luar pertimbangan diatas, ada beberapa pertimbangan yang dianggap kurang baik dalam memilih sekolah untik si kecil, sehingga sering disebut dengan ‘kesalahan’ orangtua dalam memilih sekolah untuk sang buah hati.

5 Kesalahan Orangtua Dalam Memilih Sekolah Anak, Nomor 2 Banyak Terjadi
source: https://www1.racgp.org.au/getattachment/03b4fd67-b5f1-46f7-b36a-dcdbe3e6d1f1/attachment.aspx

Dilansir dari Haibunda, berikut ini beberapa kesalahan orangtua dalam memilih sekolah anak:

baca juga

Gengsi Terhadap Lingkungan Sekitar

Hal ini merupakan kesalahan yang kerap dilakukan para orangtua. Rasa gengsi terhadap teman, keluarga dan lingkungan sekitar bisa menyebabkan para orangtua memasukkan anaknya ke sekolah bergengsi, seperti sekolah internasional atau sekolah favorit. Hal ini sebenarnya sah saja. Yang menjadi masalah apabila orangtua harus terpaksa mengikuti gaya hidup sekolah yang dipilih namun sebenarnya mereka tidak mampu dari segi ekonomi dan sosial.

5 Kesalahan Orangtua Dalam Memilih Sekolah Anak, Nomor 2 Banyak Terjadi
source: https://imgix.bustle.com/uploads/image/2017/9/29/abffbb3b-d99b-4238-a3cd-1a7b294080bb-clairestbearestreviews_filmreview_badmoms_meangirls.jpg

Memilih Berdasarkan Almamater Orangtua

Tidak mau repot, terkadang orangtua langsung memasukkan anak ke sekolah tempat dulu mereka bersekolaj. Sebenarnya hal ini tak jadi masalah jika sekolah almamater orangtua ini memang cocok dengan karakteristik anak dan sesuai dengan pertimbangan lainnya.

baca juga

Tidak Mempertimbangkan Akses ke Sekolah

Jarak antara rumah dan sekolah merupakan hal yang penting menjadi pertimbangan. Pasalnya, tenaga anak akan habis untuk melakukan perjalanan pergi dan pulang setiap harinya jika jarak sekolah dan rumah terlalu jauh. Walaupun sekolahnya bagus, tapi jika jauh dari rumah, sebaiknya orangtua mempertimbangkan kembali pemilihan sekolah tersebut.

5 Kesalahan Orangtua Dalam Memilih Sekolah Anak, Nomor 2 Banyak Terjadi
source: https://images.summitmedia-digital.com/smartpar/images/burnout-web.gif

Anak Tidak Dilibatkan Dalam Pemilihan Sekolah

Walaupun masih kecil dan belum mengerti, pemilihan sekolah harus didiskusikan dengan anak. Caranya yaitu dengan melihat karakteristik anak dan mencocokkan dengan sekolah yang dituju. Selain itu, orangtua juga harus memberikan penjelasan mengenai tempat mereka akan bersekolah nantinya.

Memilih Sekolah Berdasarkan Kelemahan Anak

Sebaiknya, memilih sekolah anak dilakukan dengan melihat potensi dan kelebihan yang si kecil miliki, karena jika melihat dari kekurangannya, si kecil akan merasa tidak nyaman dan merasa tertekan karena ada target yang tidak realistis yang harus dicapai.

5 Kesalahan Orangtua Dalam Memilih Sekolah Anak, Nomor 2 Banyak Terjadi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTIUDtarFaXdsXBmC4Z9bBcoWT1CYo3ONHEU8PuzczWSTLXUixP

Demikian lima hal yang salah dan sering dilakukan oleh para orangtua dalam memilik sekolah anak. Semoga bermanfaat Moms!