Jangan Mendorong Atau Terlalu Memaksakannya
 
Ada banyak hal penyebab anak merasa takut berenang. Mungkin ia merasa kurang percaya diri bahwa ia bisa, atau bisa jadi anak berpikiran hal-hal negatif tentang berenang. Maka dari itu, jangan terlalu memaksakan moms. Pahami dulu perasaan si kecil dan ketahui apa penyebab dari ketakutannya. Kemudian dampingi si kecil dengan selalu berikan support dan yakinkan bahwa ia bisa menghadapi rasa takutnya.
 
Tidak masalah jika si kecil masih takut masuk ke kolam renang. Biarkan dia duduk di pinggir kolam sampai ia berani membasahi kakinya, lalu pelan-pelan ajak ia turun ke kolam renang.

Bantu Anak Hadapi Ketakutan Berenang dengan 4 Tips Ini, Moms!

Berikan Peralatan yang Tepat
 

Apabila si kecil merasa takut, berikan peralatan renang yang sangat membantu perenang, seperti sayap renang, pelampung, atau jaket penyelamat. Maka dengan begitu, ia akan merasa lebih aman dan nyaman saat berenang dan lebih percaya diri dalam menghadapi ketakutannya.
 
Akan tetapi, jangan selalu gunakan peralatan tersebut ya moms. Karena meskipun membuat si kecil merasa nyaman, namun hal itu justru menjadikannya tidak benar-benar bisa berenang. Jadi, latihlah si kecil untuk berenang tanpa alat bantu secara perlahan.
 
Buat Anak Merasa Nyaman Saat Berada di Kolam Renang
 
Setiap anak yang belum pernah berenang, pasti butuh beberapa waktu untuk beradaptasi dengan kolam renang. Apalagi bagi ia yang mudah merasa takut. Berikan waktu yang lebih lama saat berendam di kolam dan buatlah ia merasa nyaman saat berada di kolam renang.
 
Selain itu, untuk membiasakan anak dengan suasana dan lingkungan kolam renang, ajaklah anak secara rutin pergi berenang. Moms bisa juga lakukan hal-hal menarik yang disukai anak, seperti membeli es krim selesai berenang. Sehingga anak dapat lebih akrab dengan kegiatan berenang, serta sedikit demi sedikit dpat mengahadapi rasa takutnya.

Bantu Anak Hadapi Ketakutan Berenang dengan 4 Tips Ini, Moms!

Berenang Pada Jam yang Tidak Terlalu Ramai
 
Jika moms mengajak anak ke kolam renang umum, usahakan pergi di waktu yang tidak terlalu padat pengunjung. Karena pada umumnya, anak yang takut berenang merasa tidak nyaman berada di kolam bersama orang-orang yang tidak dikenal dan lebih agresif, seperti anak-anak yang suka loncat ke air, atau heboh bersama teman-temannya. Hal tersebut dapat membuatnya terganggu sehingga ia enggan untuk berenang.
 
Itulah beberapa tips atau cara yang dapat moms lakukan jika anak memiliki ketakutan berenang. Usahakan untuk tidak memaksakan anak dan selalu berikan ia dukungan positif ya moms.