Penyebab asam urat pada ibu hamil

Penyakit asam urat (gout) adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan, dan terjadi ketika kadar asam urat (uric acid) dalam darah tinggi, sehingga terbentuk kristal dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Penyebab asam urat pada ibu hamil terjadi karena peningkatan berat badan selama kehamilan dan kadar hormon yang berubah. Dampaknya, kadar asam urat jadi melonjak dan produksi asam urat selama kehamilan juga tidak dapat dikontrol.

6 Ciri Asam Urat Tinggi Pada Ibu Hamil, Sering Kesemutan Salah Satunya
source: https://blog.pregistry.com/gout-pregnancy/

Wanita dengan riwayat keluarga mengalami penyakit asam urat berrisiko lebih tinggi terserang penyakit ini selama kehamilan, dan wanita yang sudah pernah mengalaminya sebelum hamil juga berisiko lebih tinggi terkena lagi saat hamil.

Kadar asam urat yang tinggi membuat ibu hamil berisiko mengalami hipertensi gestasional dan diabetes. Selain itu, kemungkinan juga berisiko lebih tinggi mengalami preeklampsia.

Ciri-ciri asam urat pada ibu hamil

Tanda-tanda dan gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba, dan sering pada malam hari. Dan berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya:

1. Bengkak pada persendian

Pada dasarnya asam urat yang menyerang ibu hamil akan terkumpul di persendian, sehingga menyebabkan pembengkakan. Bagian sendi yang bengkak ini bisa menyerang pada bagian lutut, siku tangan dan kaki bawah. Beberapa ibu hamil juga akan mengalami pembengkakan pada bagian jempol kaki.

6 Ciri Asam Urat Tinggi Pada Ibu Hamil, Sering Kesemutan Salah Satunya
source: https://m.economictimes.com/magazines/panache/experiencing-joint-pain-during-pregnancy-it-may-not-be-arthritis/amp_articleshow/66165747.cms

2. Sendi yang terasa panas dan kaku

Asam urat yang tinggi juga bisa membuat tingkat kolesterol ikut naik. Jika sudah seperti ini maka bisa menyebabkan panas pada persendian, terutama pada bagian lutut. Rasa panas sering menyebabkan ibu hamil sulit tidur saat malam hari. Panas juga bisa menyebabkan semua bagian tubuh ibu hamil menjadi sakit.

Ciri-ciri asam urat di saat hamil biasanya akan menyerang bagian sendi kaki yang terasa nyeri, panas dan kaku. Bagian sendi yang paling umum terkena dampaknya adalah di bagian lutut, pergelangan dan siku.

baca juga

3. Nyeri secara terus menerus pada lutut belakang

Kadar asam urat akan semakin meningkat pada ibu hamil yang mengalami preeklampsia. Hal ini berakibat pada gangguan pengeluaran sisa asam urat.

Asam urat yang tinggi tersebut akan mengakibatkan nyeri pada lutut dan sendi. Rasa ketidaknyamanan ini mungkin menyebabkan nyeri tumpul secara terus menerus di lutut belakang.

Terkadang rasa sakit terjadi saat malam hari atau pagi hari. Maka sebaiknya Moms hindari asupan makanan yang berpotensi meningkatkan kadar purin dalam tubuh seperti kedelai, jeroan atau melinjo.

6 Ciri Asam Urat Tinggi Pada Ibu Hamil, Sering Kesemutan Salah Satunya
source: https://www.momjunction.com/articles/effective-things-can-try-relieve-knee-pain-pregnancy_0088322/?amp=1

4. Sering merasa kesemutan

Ibu hamil memang sering merasa tidak nyaman, terutama kesemutan yang membuat semua bagian tubuh terasa sulit untuk digerakkan. Pada beberapa kasus ibu hamil yang terkena gejala asam urat tinggi, kesemutan ini mengiringi sensasi rasa panas. Kemudian bisa memicu mati rasa pada bagian tubuh tertentu, kemudian tangan dan jari akan terasa sangat menyakitkan. Terutama ketika ibu hamil bangun di pagi hari.

Biasanya, kadar asam urat normal dalam darah kondisi normal (tidak hamil) adalah 2,5-5,6 mg/dl. Sedangkan kadar dalam darah masa 3 bulan pertama antara 2,0-4,2 mg/dl, triwulan kedua, 2,4-4,9 mg/dl.

5. Bagian bengkak akan menjadi ruam kemerahan

Jika ibu hamil sudah mengalami pembengkakan, maka bagian yang bengkak akan menjadi merah. Merah muncul pada bagian kulit seperti ruam. Jika diamati ruam juga bisa menyebabkan tanda seperti alergi. Ruam merah bisa muncul pada bagian persendian lalu menyebar ke bagian yang lain.

6 Ciri Asam Urat Tinggi Pada Ibu Hamil, Sering Kesemutan Salah Satunya
source: https://americanpregnancy.org/naturally/treating-joint-pain-naturally-during-pregnancy/

6. Benjolan pada sendi

Saat ibu hamil terkena asam urat dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat maka bisa menyebabkan benjolan pada sendi. Benjolan terjadi karena asam urat semakin tinggi dan terus menumpuk pada sendi. Asam urat juga terus menumpuk menjadi kristal sehingga benjolan yang lembut bisa menjadi keras.

Berikut tadi beberapa ciri asam urat yang menyerang pada ibu hamil. Mulai sekarang Moms bisa mengurangi makanan pemicu asam urat tinggi ya, seperti kacang-kacangan, bagian dalam organ hewan, seperti jeroan dan otak. Serta beberapa seafood, seperti kepiting, kerang dan ikan mackarel. Jika sakit terus berlanjut, segera hubungi dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.