Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dikeluhkan karena sangat mengganggu penampilan. Tak hanya itu, timbulnya jerawat sering kali disertai rasa sakit, nyeri, bahkan peradangan. Dan parahnya lagi, masalah tak selesai ketika jerawat tersebut sembuh. Setelah sembuh, jerawat kerap meninggalkan bekas yang bahkan membutuhkan waktu hilang lebih lama dari jerawat itu sendiri. Berbicara soal bekas jerawat, ternyata kebiasaan ini dapat membuat bekas jerawat lebih susah hilang lho. Jadi jangan ulangi lagi!

Memencet Jerawat

Sebagian besar orang akan merasa risih dengan adanya jerawat sehingga memilih cara cepat untuk menghilangkannya dengan cara memencet. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena berisiko meninggalkan bekas jerawat atau acne scar yang akan lebih sulit hilang dibanding dengan jerawat itu sendiri. Tak hanya bekas jerawat berupa noda hitam, acne scar yang bisa timbul dari memencet bekas jerawat juga bisa berupa permukaan kulit tak rata atau biasa disebut bopeng.

Memencet Jerawat
baca juga

Tidak Membersihkan Wajah Ketika Tidur

Segera tidur setelah lelah melakukan berbagai aktivitas di luar mungkin terasa sangat menggiurkan. Tapi tidur tanpa terlebih dulu membersihkan wajah dan make up bisa berdampak pada kulit yang jadi berjerawat. Jerawat yang timbul karena timbunan make up dan kotoran akan memiliki bekas yang lebih sulit dihilangkan. Jadi jangan pernah malas untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur karena hal sederhana tersebut akan berdampak sangat baik untuk kulit.

Tidak Membersihkan Wajah Ketika Tidur

Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Saat tidak membersihkan wajah sebelum tidur bisa menimbulkan masalah, maka terlalu sering membersihkan wajah juga bisa memicu masalah. Jika wajah yang terlalu sering dibersihkan, maka kulit akan menjadi semakin sensitif sehingga mudah teriritasi dan timbul jerawat. Sebaiknya, wajah hanya dibersihkan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi saat bangun tidur dan malam sebelum tidur.

Terlalu Sering Membersihkan Wajah
baca juga

Tidak Menggunakan Sunscreen

Sinar UV yang berasal dari matahari dapat memicu produksi melanosit atau sel pembuat pigmen pada kulit. Hal tersebut menyebabkan penggelapan warna kulit sehingga bekas jerawat pun akan semakin terlihat jelas dan semakin susah hilang. Jadi saat kulit sedang berjerawat menggunakan skincare dasar seperti pelembab dan sunscreen tetap dibutuhkan agar kondisi kulit tidak jadi semakin buruk.

Tidak Menggunakan Sunscreen

Menggunakan Makeup Terlalu Tebal

Saat berada dalam kondisi kulit yang berjerawat, pasti rasanya ingin menutup jerawat-jerawat tersebut menggunakan concealer yang tebal. Tapi, melakukan hal tersebut justru bisa memperburuk kondisi kulit lho. Makeup yang terlalu tebal bisa menjadikan kulit iritasi dan akan membuat bekas jerawat semakin sulit dihilangkan. Jika tetap ingin menggunakan makeup saat kulit berjerawat, sebaiknya pilih kosmetik dengan kandungan non-comedogenic agar konddisi kulit yang buruk tak jadi semakin parah.

Menggunakan Makeup Terlalu Tebal