1. Buah-Buahan

Buah-buahan dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan terutama yang berwarna cerah, dipercaya bermanfaat untuk mencegah nyeri atau peradangan pada tubuh. Itu semua karena vitamin yang terkandung di dalamnya. Nah, agar kamu enggak mudah sakit pinggang, terutama saat hamil, maka disarankan rutin mengonsumsi buah-buahan setiap hari, Pilih buah berwarna terang seperti ceri, berry, anggur dan nanas. 
 

1. Buah-Buahan
source: https://videohive.net


 

baca juga

2. Sayuran Hijau

Selain buah-buahan, mengonsumsi lebih banyak sayuran, terutama yang berdaun hijau juga dapat mencegahmu mudah menderita sakit pinggang lho, Moms. Sayuran kaya akan mineral dan vitamin yang berperan untuk menguatkan tulang. Sayuran yang berefek mencegah sakit pinggang di antaranya bayam, kale, brokoli dan sebagainya. 
Pastikan kamu mengonsumsi jenis sayuran ini ya, Moms!
 

2. Sayuran Hijau
source: https://www.eatrightontario.ca


 

3. Ikan

Asam lemak omega 3 yang banyak terdapat di dalam ikan, ternyata enggak hanya bagus untuk pertumbuhan otak lho, Moms. Kandungan baik dalam ikan ini juga dapat mencegahmu mengalami rasa nyeri, enggak hanya berupa sakit pinggang tapi sakit pada bagian tubuh lainnya. Adapun ikan yang tinggi omega 3 adalah ikan laut seperti tuna, salmon, mackerel dan sarden. 
 

3. Ikan
source: http://www.pbs.org/


 

baca juga

4. Jahe

Ternyata jahe enggak hanya bermanfaat menghangatkan tubuh, tapi juga bisa mencegah dan mengatasi rasa nyeri pada tubuh. Menurut beberapa survey, banyak orang yang merasakan tubuhnya lebih bugar karena rutin mengonsumsi ekstrak jahe. Jahe yang berupa bumbu dapur, bisa dicampurkan ke dalam masakan, ataupun kamu bisa membuatnya menjadi minuman seperti teh jahe. Konsumsi jahe setidaknya setiap hari atau sekali dalan dua hari. Efeknya pasti akan dirasakan oleh tubuhmu jika rutin mengonsumsinya. 

 

4. Jahe
source: https://www.motherearthliving.com


 

5. Kedelai

Kabar baik nih buat kamu yang suka makan tempe. Kedelai yang jadi bahan baku membuat tempe ternyata bermanfaat untuk mencegah maupun mengurangi sakit pinggang. Bahkan penelitian menyebutkan, dengan mengonsumsi 40 gram protein kedelai setiap hari, selama 3 bulan, dapat mengurangi ketergantungan seseorang pada obat penghilang rasa sakit. Selain tempe, makanan bersumber dari kedelai yang disarankan untuk dikonsumsi adalah tahu, susu kedelai, edamame dan lainnya. 
 

5. Kedelai
source: http://time.com