Semua orang pasti sudah tahu jika sayuran hijau merupakan asupan makanan yang penuh gizi dan nutrisi. Tapi pernahkah moms bertanya-tanya, dari deretan jenis sayuran hijau manakah yang memiliki nutrisi paling lengkap sehingga bisa disebut sayuran hijau paling sehat? Ini 5 jenis sayur hijau yang paling sehat seperti dilansir dari DetikFood:

Sawi Hijau

Sawi hijau yang kerap ditemui di berbagai olahan mie ini ternyata masuk di jajaran sayuran hijau paling sehat lho moms. Di dalam sawi hijau terkandung beragam vitamin seperti vitamin A, B9, C, dan K. Berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, dan mangan juga tak absen dari kandungan sawi hijau. Moms bisa mengolah sawi hijau jadi apa saja, entah itu sayur bening, tumis ataupun jadi campuran dalam olahan mie. Tak perlu khawatir soal jumlah kalori, karena di setiap 100 gram sawi hijau hanya memiliki sejumlah 30 kalori.

Sawi Hijau
baca juga

Bayam

Siapa sangka sayur dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan ini akan masuk ke dalam daftar sayur hijau paling sehat. Bayam tinggi akan kandungan serat, beta karoten serta antioksidan. Bayam juga mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A, C, B2, B9, dan K. Beragam mineral yaitu magnesium, potasium, kalsium, dan zat besi juga ikut melengkapi kandungan nutrisi dalam bayam.

Dengan rajin mengonsumsi bayam moms akan mendapat beragam manfaat seperti meningkatnya sistem imun, meningkatnya produksi protein, serta menyehatkan jantung. Moms bisa mengolah bayam menjadi smoothies untuk mendapatkan nutrisi bayam secara optimal. 

Bayam

Selada

Selanjutnya ada selada. Sayur hijau yang kerap dinikmati dalam keadaan mentah ini juga termasuk dalam sayuran hijau paling sehat. Hal itu karena di dalam selada terkandung sejumlah mineral seperti zat besi, mangan, dan fosfor. Beragam vitamin yaitu vitamin A, B9 dan K juga terkandung di dalam selada. Selada juga sangat cocok dijadikan menu diet karena jumlah kalorinya yang sangat rendah. Setiap 100 gram selada hanya terkandung sejumlah 14,8 kalori. Nikmati sayur hijau ini dalam keadaan segar dengan cara dijadikan sandwich, jangan lupa beri tambahan bahan bernutrisi lain seperti daging, telur, keju, dan tomat. 

Selada
baca juga

Kale

Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, tapi manfaat kale untuk kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Di tahun 2019 bahkan pamor kale sedang naik, sehingga ia sering dijadikan asupan untuk para penggiat diet. Kale mengandung beragam vitamin seperti A, D, dan K. Ragam mineral seperti kalsium dan magnesium juga terdapat di dalam kale. Tak hanya itu, kale juga tinggi akan zat antioksidan berupa lutein dan beta karoten. Jumlah kalori dalam kale pun hanya sebesar 49,5 per 100 gram-nya. Moms yang ingin mengolah kale tak perlu bingung, sayur ini bisa dimasak dengan ditumis atau untuk yang mau lebih praktis sekarang sudah banyak tersedia bubuk kale di pasaran. 

Kale

Daun Bit

Manfaat buah bit untuk kesehatan mungkin sudah banyak yang tahu. Tapi tahukah moms ternyata daun bit juga memiliki nutrisi yang tak kalah dari buahnya? Daun bit mengandung mineral seperti potasium dan kalsium. Beragam vitamin yaitu vitamin A, B2, dan K, juga terkandung di dalam daun bit. Daun bit juga tinggi akan zat antioksidan, di dalamnya ada beta karoten dan lutein. Selain itu sayuran ini juga tinggi serat rendah kalori. Per 100 gram daun bit hanya mengandung sejumlah 22 kalori. Moms yang sedang diet bisa menumis sayur ini atau menjadikannya saus pesto yang lezat.

Daun Bit