Mood Saat Hamil Berpengaruh pada Karakter Anak

Menurut dokter dan penelitian yang telah dilakukan, mood ibu saat hamil sangat berpengaruh terhadap temperamen anak. Jadi, saat sedang hamil, sebaiknya Moms dapat bersikap lebih bijak dalam mengahadapi perubahan mood yang disebabkan oleh hormon tersebut. Ibu yang bahagia selama hamil akan memberi energi positif pada janin dalam kandungan dan membentuk kepribadian yang baik pula nantinya ketika si kecil beranjak dewasa.

Mood Saat Hamil Berpengaruh pada Karakter Anak
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQm4CragUHmYhh94vs9XeyBa_VcF3JXnBPPNN7QgCZE6s-aGvyO

Hormon Saat Hamil dan Pentingnya Peran Suami

Saat perasaan Moms bahagia, maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang akan masuk ke dalam plasenta dan sampai ke otak janin. Hal tersebut menyebabkan anak akan tumbuh dengan perasaan yang cenderung bahagia. Sebaliknya, jika Moms lebih sering menunjukkan rasa sedih saat hamil, hal tersebut juga akan berdampak pada janin.

Untuk menghindari rasa sedih yang  berlebihan akibat adanya perubahan hormon saat hamil, istri sangat butuh bantuan suami. Saat ini terjadi, suami adalah orang pertama yang harus mengerti bagaimana cara mengubah mood agar kembali bahagia. Yang bisa suami lakukan yaitu menenangkan, memberi apa yang istri sukai, mengajaknya ngobrol, jalan-jalan, dan lain-lain. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu pembentukan karakter baik si kecil.

Hormon Saat Hamil dan Pentingnya Peran Suami
source: https://img.vixdata.io/pd/jpg-large/en/sites/default/files/s/shutterstock_529089949.jpg
baca juga

Lingkungan Positif Pengaruhi Suasana Hati

Selain suami, teman dan keluarga terdekat juga dapat membantu mengembalikan mood ibu hamil yang lebih sensitif. Mengajak berbincang, tertawa, bermain, jalan-jalan, makan bersama, bisa menjadi salah satu cara mengusir rasa bosan atau kesal yang sering dialami ibu hamil. Hal ini sangat penting dalam membantu ibu hamil dalam menjaga emosinya demi memberikan energi positif pada janin.

Jika hormon saat hamil membuat Moms menjadi ‘moody’ atau perubahan mood yang tidak teratur, Moms bisa mencoba mengajak janin berbicara, menanyi, atau membacakannya buku cerita. Dengan begitu akan timbul rasa sayang yang lebih terhadap janin dalam kandungan. Selain itu, mengajak interaksi janin juga dapat membuat hati lebih tenang dan dapat membangun bonding antar ibu dan anak.

Lingkungan Positif Pengaruhi Suasana Hati
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQlqYE4uQlJaj2yJGvLNXUnKLyWUu8JC6jlc2-XD0QxJ5QYWzRK

Kesimpulannya, benar perubahan mood yang sering dialami ibu hamil dapat mempengaruhi karakter anak saat sudah lahir. Jadi, usahakan selalu bahagia ya Moms!